• 16 May 2024

Tugu Bandeng Berbahan Knalpot Daya Tarik Pati

uploads/news/2024/01/ikon-bandeng-berbahan-knalpot-53325685725ae4e.jpg

"Keunikan ikon kabupaten Pati dengan menggunakan bahan Knalpot brong atau racing menjadi Daya tarik tersendiri. Rangkaian knalpot tersebut dibuat menyerupai bentuk ikan Bandeng."

Jagadtani - Julukan kota Bandeng sebenarnya telah dimiliki oleh kota Sidoarjo. Namun kabupaten Pati - Jawa Tengah, ternyata juga menghasilkan hasil olahan ikan Bandeng. 

Kabupaten Pati dengan sebutan Bumi Mina Tani, memang tidak kalah dengan Sidoarjo sebagai penghasil olahan ikan Bandeng. Terlihat dari tugu ikan Bandeng yang menyambut ketika memasuki kota Pati ini.

Kabar terbaru, Polresta Pati menghadirkan ikon kota Pati berupa tugu ikan Bandeng dari rangkaian knalpot 'brong' atau racing. Knalpot motor yang berjumlah lebih dari 4.000 buah merupakan hasil sitaan Satlantas Polresta Pati. 

Dilansir dari detik Jateng, Kasatlantas Polresta Pati Kompol Asfauri mengatakan tugu ikan Bandeng merupakan karya seni dan kreativitas warga Pati tepatnya di bengkel Dukuh muktisari Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo, Pati.

Sebagai informasi, maraknya penggunaan knalpot brong memang meresahkan sehingga pihak kepolisian Indonesia kerap mengadakan razia. Tujuannya selain menimbulkan polusi suara, juga dapat berpengaruh pada keselamatan pengguna jalan raya.

Tugu Bandeng di Kabupaten Pati memiliki arti filosofi yang melambangkan potensi unggulan sumber daya alam pertanian tambak di Kabupaten Pati. Tercatat, lebih dari dua ribu tambak ikan berada di kabupaten Pati.

Tentunya letak geografis kabupaten Pati yang membuat banyaknya tambak ikan sehingga komoditas ikan Bandeng menjadi pilihan usaha masyarakat setempat. 

Bagi Sahabat Tani yang berkunjung ke kabupaten Pati dapat mencari kuliner untuk dijadikan oleh-oleh berbahan dasar ikan bandeng, seperti otak-otak, baso bandeng, nugget bandeng dan lain sebagainya.

 

 

 

Related News