• 24 February 2024

Penanaman Pohon Serentak di Kalimantan Selatan

uploads/news/2024/01/penanaman-pohon-serentak-di-73225f77c6c075b.jpg

Dalam menjaga ekosistem lingkungan hidup, tentu membutuhkan dukungan dari seluruh pihak agar bumi makin terawat sehingga lebih baik dan sehat. 

Sebagai tindakan nyata, tentu harus dilakukan kegiatan penanaman dan memelihara pohon melalui kolaborasi dan semangat kerja sama semua pihak.

Dalam penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia, yang kali ini dipusatkan di provinsi Banten bersama Bapak Wakil Presiden RI. Penanaman dilakukan pada areal lahan kritis yang menjadi target pemerintah dalam upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup.

Pada kesempatan berbeda, Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) Agus Justianto, saat menyampaikan sambutan Menteri LHK pada acara Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, di Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) Kantor Sekretariat Daerah, Kalimantan Selatan, (14/01).

Agus Justianto menyampaikan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia kali ini dipusatkan di Provinsi Banten 

Bibit yang ditanam berupa jenis bibit pohon hutan dan bibit buah MPTS yang berasal dari persemaian permanen dan pusat persemaian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Ini bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dan langkah nyata yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi generasi mendatang", jelas Agus Justianto seraya mengajak untuk meningkatkan kerjasama dan solidaritas dalam menjaga lingkungan.

Agus Justianto juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih khususnya kepada Wakil Presiden Republik Indonesia dan semua pihak atas kerjasama dan dukungannya yang luar biasa sehingga acara penanaman pohon serentak ini dapat dilaksanakan.

Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan menjadi amal ibadah serta memberikan manfaat bagi kita bersama.

Penanaman Pohon Serentak di Provinsi Kalimantan Selatan turut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari, Direktur lingkup Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari, Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan yang diwakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala UPT BPHL Wil. IX Banjarbaru, Kepala UPT BPDAS Barito, Kepala UPT BPKHTL Wil. V Banjarbaru, Kepala UPT BPSI Banjarbaru, Kepala UPT BPSKL Kalimantan, UPT BKSDA Provinsi Kalimantan Selatan, UPT Balai PPI Kalimantan, Pimpinan PBPH dan PBPHH Provinsi Kalimantan Selatan, Akademisi, Para tokoh masyarakat, aktivis pecinta alam dan lingkungan, dan para generasi muda.

Related News