• 28 February 2024

Obat Herbal Pencernaan Domba Ala Mang Koboi

"Sebenarnya obat herbal telah dibuktikan sejak zaman dulu oleh nenek moyang kita, tentunya tanpa dampak negatif sehingga aman untuk hewan ternak."

Jagadtani - Obat-obatan dari pabrikan untuk hewan ternak memang telah banyak tersedia di toko hewan. Namun terkadang menimbulkan dampak negatif yang membuat peternak merugi. 

Untuk mengatasi masalah penyakit atau gangguan pada hewan ternak, masih banyak peternak yang mengandalkan ramuan herbal dari tumbuhan dan lainnya. Untuk mendapatkan informasi tentang obat herbal, Tim Jagadtani mendapatkan langsung dari Mang Koboi - Ridho Navaro.

Dari belajar tentang dunia peternakan di berbagai daerah pulau Jawa, Ridho Navaro mendapatkan beragam ilmu, termasuk Obat-obatan berbahan herbal yang cukup mudah ditemui. 

"Beragam bahan dapat digunakan sebagai obat herbal yang telah diterapkan oleh para peternak sejak dulu kala. Ini saya peroleh dari hasil keliling ke berbagai peternakan yang dipadukan dengan ilmu pengetahuan." Ungkap Ridho Navaro.

Ridho Navaro - Mang Koboi "Ridho Navaro - Mang Koboi "

Lebih lanjut, Ridho mengatakan lebih mengutamakan menggunakan obat herbal terlebih dahulu sebelum menggunakan obat pabrikan. 

Untuk mengatasi domba yang mengalami permasalahan atau penyakit pencernaan, ada beberapa bahan herbal dan telah terbukti berkhasiat tanpa meninggalkan dampak negatif. 

Obat Herbal untuk atasi masalah pencernaan pada domba, terdiri dari:

Biji Pinang obat herbal domba

Untuk domba yang mengalami penyakit cacingan, dapat diberikan biji Pinang dengan mencampur pada makanannya.

Biji Pinang mengandung senya tanin, alkaloid serta proantosianidin yang termasuk dalam golongan flavonoid sehingga mengandung efek antibakteri dan antivirus. 

Dengan pemberian biji Pinang, tentu domba akan terbebas dari bakteri termasuk menjadi obat cacing.

 Daun jambu biji - atasi diare domba

Seperti halnya manusia, khasiat pada daun jambu biji juga dapat menyembuhkan penyakit diare. Tentunya juga dapat diterapkan pada hewan ternak, termasuk domba dan kambing.

Daun jambu biji mengandung sejumlah zat bermanfaat, yakni antioksidan, vitamin C, flavonoid Dan tanin sehingga memberikan banyak manfaat.

Getah pepaya atasi pencernaan domba

Dalam hasil penelitian, getah pepaya mengandung enzim protease yaitu papain dan kimopapain. Kandungan Papain pada getah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing pada domba.

Namun pemberiannya harus sesuai dosis sebagai obat cacing pada ternak domba. Anjuran pemberian yaitu 1,2 gramkg berat badan (BB) dengan waktu pemberiannya 3 kali dalam satu minggu.

Dengan tiga bahan herbal di atas, diharapkan dapat menyembuhkan penyakit pencernaan pada domba. Sebenarnya masih ada bahan herbal lainnya, seperti minyak kelapa, arang dan lainnya yang dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit pencernaan pada domba. 

Ridho Navaro juga menambahkan bahwa, faktor terpenting yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab menunculnya penyakit pencernaan pada domba. "Kita juga harus mengetahui penyebab sambil melakukan pengobatan, tujuannya agar hewan ternak tidak mengalami penyakit yang sama." Pungkasnya.

 

 

Related News