• 23 February 2024

Berawal Jurnalis, Kini Merambah Budidaya Ayam Kampung

'Terbiasa beternak hewan di kampung halamannya, membuat saya jadi kembali tertarik budidaya ayam kampung. Namun sebelum memulai beternak ayam, saya justru menggeluti budidaya maggot."

Jagadtani - Peluang usaha budidaya ayam kampung begitu besar hingga membuat Aris Akhmadi kembali tertarik menggeluti usaha beternak ayam kampung. Usaha beternak ayam kampung telah dijalanin sejak tiga tahun lalu. Khusus beternak ayam kampung merupakan pilihan yang hasil berdasarkan hasil riset dirinya sendiri. 

Aris pada awalnya telah memulai budidaya maggot, namun penyerapannya yang kurang bagus sehingga terpikirkan untuk memulai ternak ayam kampung. Dengan beternak ayam kampung, hasil budidaya maggot dapat diserap dengan baik. Walau tetap butuh effort dalam menyiapkan maggot sebagai pakan ayam.

Aris Akhmadi pemilik Holly Farm "Aris Akhmadi pemilik Holly Farm "

"Untuk memaksimalkan hasil penyerapan hasil budidaya maggot, maka beternak ayam menjadi pilihannya. Namun untuk memilih ayam yang akan dipelihara, saya melakukan riset kecil-kecilan dengan hasil ayam kampung memiliki banyak keunggulan, termasuk ketahanan tubuh lebih baik dibandingkan ayam boiler. Nilai ekonomis ayam kampung juga lebih baik, dengan bobot yang semakin berat maka harga jadi meningkatkan." Ujar Aris Akhmadi.

Pada saat memulai ternak, Aris Akhmadi mengawali dengan memelihara DOC ayam kampung sebanyak 100 ekor. Namun mengingat banyaknya permintaan, akhir mulai ditambah sesuai kapasitas kandangnya. 

Peternakan Ayam Kampung di Holly Farm "Peternakan Ayam Kampung di Holly Farm "

"Dulu saya memulai dengan ayam kampung jenis KUB dan Joper, awalnya memang seratus ekor tetapi karena permintaan yang tinggi sehingga mulai menambahkan jumlah ayam kampung untuk dirawat. Kini saya fokus pada ayam jenis KUB 2 Janaka, KUB 2 Nayarana, Sensi Gauge."

Kini nama Holly Farm telah memiliki tiga kandang terbiasa di daerah Tangerang. Setiap kandang memiliki Fungsi yang berbeda, seperti untuk indukan, pembesaran hingga penetasan. 

Anak ayam di Holly Farm "Anak ayam di Holly Farm "

Selain menyediakan ayam potong, Aris Akhmadi memastikan juga menjual ayam dalam kondisi hidup dengan berbagai usia. "Selain ayam potong, di sini juga menyediakan ayam kampung yang masih hidup, mulai yang DOC, anakan hingga siap bertelur. Bagi Sahabat Tani yang ingin membeli, tinggal datang langsung ke Holly Farm di Tangerang Utara " pungkas Aris Akhmadi.

 

Related News