• 28 February 2024

Racikan Pakan Herbal Bikin Ayam Cepat Gemuk

uploads/news/2024/01/racikan-pakan-herbal-bikin-115241a3437fc4f.jpg

"Obat herbal tidak memiliki efek samping yang berbahaya, bahkan dengan takaran yang tepat dan pemberian rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga bikin cepat gemuk."

Jagadtani - Seiring perubahan cuaca, tentu sangat berdampak pada hewan ternak. Tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra agar hewan ternak seperti ayam dapat sehat kembali.

Banyak peternak yang mengandalkan pemberian obat herbal agar daya tahan tubuh ayam dapat terjaga. Namun dalam pemberian yang tepat dan rutin dapat berdampak positif untuk pertumbuhannya. 

Aris Akhmadi pemilik Holly Farm berbagi tentang penerapan pakan herbal sebagai tambahan agar ayam kampung dipeternakannya tumbuh sehat. 

"Ramuan herbal, seperti jahe, kunyit, bawang putih, lengkuas dan lainnya selalu saya sediakan. Bahan herbal tersebut seperti obat pertolongan pertama pada ayam yang sakit." Ujar Aris Akhmadi.

Aris mengakui bahwa informasi ramuan herbal yang diberikan pada ayam yang kurang sehat atau untuk menjaga pertumbuhan diperoleh dari komunitas peternak ayam. Dan hasilnya telah terbukti menjaga ketahanan hingga meningkatkan pertumbuhan ayam kampung.

Ada banyak ramuan herbal yang dapat membuat pertumbuhan ayam lebih baik, salah satunya melalui penambahan citrun dan minyak goreng.

"Dengan menambahkan citrun dan minyak goreng sebanyak tiga persen dari setiap satu kilogram pakan, dapat meningkatkan pertumbuhan ayam. Dengan kandungan kalori yang tinggi pada minyak goreng dapat meningkatkan bobot ayam lebih cepat. Ini salah satu strategi yang diterapkan oleh para peternak ayam pedaging." Ungkap Aris yang ditemui tim Jagadtani.

Bagi Aris Akhmadi, pemberian citrun juga dapat menjaga kesehatan tubuh dalam kondisi cuaca panas hingga mengendalikan pembuluh darah tidak mudah pecah.

"Selain dapat menjaga tubuh ayam kampung, pemberian citrun juga berfungsi mengurangi aroma kotoran hingga 60 - 70 persen. Tentu dengan takaran tiga persen dari satu kilogram pakan ayam." Pungkasnya.

Lebih lanjut, Aris Akhmadi juga mengatakan bahwa perkembangan teknologi dapat membuat peternak lebih mudah mendapatkan informasi tentang dunia peternakan ayam kampung. 

"Dengan teknologi maka lebih mudah memperoleh informasi ramuan herbal yang dapat digunakan menjaga pertumbuhan ayam kampung. Obat herbal tidak memiliki efek samping buruk bagi pertumbuhan ayam kampung." Pungkasnya.

 

Related News