• 13 May 2024

Layanan E-Booking dan E-Ticketing 10 Taman Nasional

uploads/news/2024/01/layanan-e-booking-dan-e-ticketing-15567ab1336272f.jpg

Demi meningkatkan pelayanan dalam sektor pariwisata, teknologi informatika telah banyak digunakan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Langkah yang tekah dilakukan adalah sistem Booking on-line dan Tiket on-line untuk melakukan pemesanan tiket dan pembayaran secara elektronik/on-line yang dapat dilakukan oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja.

Booking on-line memudahkan pengaturan kuota suatu obyek wisata sesuai daya dukung dan daya tampungnya. Selain itu juga, booking on-line sangat membantu dalam penyediaan data pengunjung. Sedangkan e-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer. E-ticketing adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas/bonggol tiket dan meningkatkan fleksibilitas pengunjung dalam membuat jadwal perjalanan.

Beberapa UPT Ditjen KSDAE telah melakukan inovasi booking on-line dan tiket on-line dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi tersebut ada yang berupa aplikasi ada juga yang masih berbasis website.

Berikut 10 Taman Nasional yang telah mempunyai layanan booking on-line dan ticket on-line:

  1. Tanjung Puting melalui SITANPAN (Sistem Informasi Taman Nasional Tanjung Putin), https://tntanjungputing.id/sitanpan/dashboard

  2. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone https://tiket.boganinaniwartabone.org

  3. Taman Nasional Taka Bone Rate melalui SIMATATAKA (Sistem Manajemen Data Taman Nasional Takabone Rate) https://simatataka.id/dashboard

  4. Taman Nasional Gunung Rinjani melalui aplikasi eRinjani sehingga harus diunduh dulu pada Google Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sasambodeveloper.erinjani

  5. Taman Nasional Komodo melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nci.guido_tnkomodo&hl=en

  6. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango https://bookingnew.gedepangrango.org

  7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org

  8. Taman Nasional Gunung Merbabu https://booking.tngunungmerbabu.org/app/index.php

  9. Taman Nasional Gunung Halimun https://bookingpendakiantnghs.menlhk.go.id/kawasan/page/general

  10. Taman Nasional Gunung Ciremai https://bookingciremai.menlhk.go.id/kawasan/page

Sedangkan untuk Taman Wisata Alam yang sudah mempunyai layanan booking on-line seperti TWA Kawah Ijen di Jawa Timur dan TWA Marapi yang dikelola BKSDA Sumatera Barat.

Informasi tentang Taman Nasional dan Taman Wisata Alam di seluruh Indonesia dapat diperoleh melalui aplikasi Wisata Alam Indonesia dan Instagram @ayoketamannasional_official.

Related News