• 25 June 2024

Rahasia Jangkrik Bikin Burung Kicau Makin Moncer

"Burung Kicau pemakan serangga membutuhkan pakan yang sehat, jika memberikan jangkrik yang menggunakan alas telur sebagai habitatnya dapat berujung kinerja burung tidak maksimal atau gagal Moncer. Kesehatan burung juga tergantung kesehatan pakannya."

Jagadtani - Tanpa bermaksud menyalahkan para peternak jangkrik yang kerap memberikan alas telur atau tray telur berbahan karton. Beberapa peternak jangkrik juga ada yang telah paham dan menggunakan daun atau batang pisang kering.

Penggunaan karton tray pada jangkrik berpotensi menimbulkan burung kurang Performa atau kinerja kurang Moncer. .

Penyebabnya, karton tray kerap mengandung unsur kimia. Sedangkan sifatnya jangkrik akan memakan apa pun yang berada didekatnya sehingga kemungkinan besar tray telur termakan. Padahal jangkrik tersebut akan dikonsumsi oleh burung kesayangan Sahabat Tani.

Banyak penghobi burung yang memberikan pakan bagi jangkrik sebelum diberikan pada burung kesayangan. Pada dasarnya jangkrik memakan segalanya sehingga dapat diberikan sayur - mayur, rempah - rempah hingga poer khusus untuk jangkrik.

Bisnis Cuan Demi Kicau Mania, Jangkrik Boss"Bisnis Cuan Demi Kicau Mania, Jangkrik Boss"

Berbagai jenis sayur, buah-buahan hingga rempah -rempah dan poer sebenarnya juga kerap dijadikan pakan jangkrik oleh para peternak jangkrik. Namun yang perlu diingat adalah ketika berada dalam karung untuk dikirim ke konsumennya, tray telur digunakan sebagai tempat bersarangnya.

Dengan Sahabat Tani memberikan pakan tambahan sebelum jangkrik diberikan pada burung, tentu diharapkan kandungan kimia atau racun pada tray telur telah terbuang.

Untuk sayuran dan buah-buahan dapat disesuaikan dengan stok yang ada di rumah Sahabat Tani. Sementara untuk rempah-rempah, juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Bila musim hujan, tidak ada salahnya memberikan sedikit parutan jahe untuk menjaga kesehatan burung Murai atau kicauan lainnya. Dengan badan burung yang hangat tentunya stamina burung meningkat untuk digantang.

Begitu pula kunyit yang memiliki kandungan mineral dan kalsium dapat memberikan dampak positif bagi burung kicauan.

 

Related News