• 15 May 2024

Jelang Imlek, Bandeng di Rawa Belong Laris Manis

"Cita rasa ikan Bandeng yang berasal dari Indramayu lebih gurih dibandingkan ikan hasil tangkapan laut. Memang ukurannya kalah besar tapi keunggulan rasa menjadi pilihan para pembeli yang membeli di Rawabelong menjelang imlek."

Jagadtani - Daerah Rawa Belong yang telah terkenal sebagai sentra penjualan berbagai bunga hias, tetapi menjelang tahun baru Imlek juga hadir pedagang ikan Bandeng. 

Biasanya beberapa hari menjelang perayaan Imlek, para pedagang ikan Bandeng telah memadati selasar jalan di jalan Sulaiman, Kecamatan Kebun Jeruk - Jakarta Barat. 

Para penjual ikan Bandeng ini telah memulai usahanya sejak beberapa tahun lalu hingga puluhan tahun lampau. Salah satunya bang Ata, penjual ikan yang biasa berjualan di pasar. Namun khusus menjelang tahun baru Imlek, dirinya mengakui akan memindahkan lapaknya di Rawa Belong.

Bang Ata, pedagang ikan Bandeng di Rawa Belong "Bang Ata, pedagang ikan Bandeng di Rawa Belong "

Ikan Bandeng yang dijual di pasar dadakan atau kaget daerah Rawa Belong, tidak hanya berasal dari tambak di Indramayu. Tetapi juga dari hasil tangkapan di laut. 

Bagi bang Ata, dilapaknya lebih didominasi ikan Bandeng hasil tambak dari daerah Indramayu. "Rasa daging ikan Bandeng yang berasal dari tambak ikan akan lebih enak dan gurih karena pakan yang diberikan berupa campuran rumput laut sehingga daging lebih nikmat. Berbeda dengan ikan hasil tangkapan di laut yang berukuran besar tetapi dagingnya kurang gurih." Ungkap bang Ata.

Lebih lanjut, bang Ata mengatakan bahwa pembeli ikan Bandeng di Rawa Belong, tidak hanya berasal dari etnis Tionghoa. Tetapi juga berasa dari warga asli Betawi. 

"Selain etnis Tionghoa, juga ada pribumi atau pun orang Betawi asli. Kalau dulu, setiap membeli ikan Bandeng yang dikirimkan ke orang tua hingga kerabat akan dibarengi kecap, Pete dan kue keranjang. Sedangkan sekarang, ikan Bandeng yang dikirimkan hanya dibarengi yang untuk membeli bumbu." Pungkas bang Ata.

Untuk Sahabat Tani yang ingin membeli ikan Bandeng yang masih segar, pastikan kondisi insang, mata dan kulitnya dalam kondisi segar. 

 

 

Related News