• 27 April 2024

Lima Tanaman Hias Paling Tahan di Musim Hujan

uploads/news/2024/02/tanaman-hias-paling-tahan-5589859961d72b9.jpeg

Jagadtani - Musim hujan kerap menjadi kendala bagi beberapa tanaman hias. Walau pada dasarnya semua tanaman dapat bertahan selama musim hujan, tetapi kendala genangan air akibat curah hujan yang tinggi menjadi penyebab utama. Air yang tergenang dapat membuat akar pohon mudah rusak sehingga menyebabkan tanaman tidak bertahan selama musim hujan.

Berikut beberapa tanaman hias yang telah dikenal dapat bertahan selama musim hujan, paling tidak Sahabat Tani tidak perlu khawatir dalam merawatnya. Tanaman bungan yang dapat bertahan di musim hujan adalah:

Tanaman bunga Mawar

Menjadi bunga yang kerap dijadikan sebagai lambang kasih, terlebih pada hari Valentine. Dengan berbagai warna yang bentuk kelopaknya sangat indah dan beraroma khas menjadi pilihan dalam mengungkapkan perasaan hingga tanaman hias di pekarangan rumah. Tanaman bunga Mawar dapat tumbuh subur pada musim hujan dengan mulai bersemi dan bermunculan batang hingga daun - daun baru. Tentunya Sahabat Tani tetap memberikan pupuk agar tanaman dapat tumbuh subur.

Tanaman bunga Melati

Bagi sebagian orang, aroma bunga melati dianggap mengandung unsur 'mistis'. Namun tanaman bunga Melati dikenal memiliki ketahanan dalam musim hujan sehingga menjadi pilihan bagus bagi Sahabat Tani yang ingin menanam di pekarangan rumah. Dengan menanam bunga Melati, tentunya sekitar rumah akan memiliki wangi semerbak yang sangat khas.

Tanaman bunga Fuchsia

Kebutuhan asupan air sangat dibutuhkan bagi tanaman hias jenis apapun, bahkan ada tanaman yang mudah mati karena musim panas, seperti tanaman bunga fuchsia yang mudah mati ketika musim panas. Tanaman bunga fuchsia sangat membutuhkan air karena kelembaban yang dapat membuatnya bertahan lama.

Tanaman bunga Kembang Sepatu

Tanaman bunga kembang sepatu atau Hibiscus rosa sinensis L merupakan tanaman yang dulu sangat mudah ditemukan di pekarangan rumah dengan aneka warna-warni. Kemampuannya yang mudah tumbuh, termasuk bunganya tetap dapat mekar di musim penghujan. Daun bunga kembang sepatu juga memiliki khasiat sebagai obat batuk, obat sariawan dan demam bagi anak-anak.

Tanaman bunga Bougenville

Tanaman dapat berfungsi sebagai bagian dalam menyerap polusi udara maupun suara ketika ditanam di pekarangan rumah. Salah satu yang memberikan keuntungan tersebut, juga dapat mempercantik pekarangan rumah adalah bunga Bougenville atau bunga kertas.

Dengan lima tanaman hias yang dapat bertahan di musim hujan, tentu Sahabat Tani dapat menanamnya dengan mudah tanpa takut mati karena musim penghujan.

Related News