• 28 April 2024

Ternak Lele Memanfaatkan Botol Bekas Air Mineral

"Nilai jual galon atau botol bekas air mineral sangat murah, jika tidak dimanfaatkan dapat berdampak pada lingkungan. Selain bisa menjadi pot tanaman, juga bisa sebagai wadah beternak ikan."

Jagadtani - Polemik galon isi ulang dan sekali pakai memang sering diperdebatkan. Keduanya saling berdalih dengan keunggulannya, namun kali ini tim Jagadtani akan membahas cara memanfaatkan galon bekas air mineral untuk beternak ikan air tawar.

Pemanfaatan galon atau botol bekas air mineral sangat berguna dalam mengatasi lahan yang terbatas. Banyak yang memanfaatkan sebagai wadah pengganti pot tanaman. 

Cara untuk memanfaatkan sebagai pot tanaman, Sahabat Tani hanya memotong bagian atas dan melubangi bagian bawah agar sirkulasi air dapat terjaga.

Sedangkan botol bekas air mineral yang ditujukan sebagai wadah pengganti dalam memelihara ikan, maka hanya bagian atas yang dilubangi. Tujuannya agar sirkulasi udara atau asupan oksigen dapat terpenuhi melalui lubang - lubang tersebut.

Lubang pada galon bekas air mineral "Lubang pada galon bekas air mineral "

Untuk jumlah dan diameter lubang dapat disesuaikan kebutuhan. Paling tidak ukurannya tidak terlalui besar dari pakan yang diberikan dengan jumlah sekitar puluhan titik.

Lubang - lubang udara tersebut, juga dapat berfungsi selayaknya saringan sehingga ketika akan membuang air dan sisa pakan maka ikan tidak terlepas. 

Dengan menggunakan galon bekas air mineral, Sahabat Tani juga lebih mudah dalam memindahkan sehingga penempatannya dapat disesuaikan kebutuhan. Dan juga tidak membiarkan sampah plastik menumpuk pada kemudian hari.

Sedangkan untuk jenis ikan air tawar yang cocok adalah ikan Lele. Selain tidak membutuhkan sirkulasi air, ikan Lele juga terkenal memiliki daya tahan tubuh untuk hidup diberbagai kondisi.

Related News