• 21 April 2024

GIICOMVEC Jadi Pameran Strategis Industri Kendaraan Komersial

uploads/news/2024/03/giicomvec-jadi-pameran-strategis-578430a18fdd304.jpg

Sejak absen selama empat tahun akibat pandemi Covid-19, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) kembali sukses digelar untuk kali ketiga pada 7-10 Maret 2024 lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Pada pameran business to business (B2B) khusus kendaraan komersial ini, GIICOMVEC menampilkan beragam kendaraan komersial dengan inovasi dan teknologi terkini dari peserta Agen Pemegang Merek (APM). Berbeda dengan pameran otomotif lainnya, GIICOMVEC ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dari beragam sektor industri di tanah air, oleh karena itu pameran ini mengutamakan kehadiran trade visitors yang mayoritas adalah para pebisnis dan pengusaha yang merupakan konsumen langsung maupun tidak langsung dari produk kendaraan komersial. GIICOMVEC 2024 menjadi ajang tepat dalam menyediakan informasi dan transaksi kendaraan komersial dengan beragam spesifikasi khusus yang dibutuhkan para konsumennya, mulai dari kebutuhan sasis bus dan truk, karoseri bus, kendaraan niaga food truck, ambulance, kendaraan travel, pick up, beragam kebutuhan lainnya serta tidak lupa fasilitas pembiayaan yang semua tersedia didalam pameran.

Selama total empat hari penyelenggaraannya, GIICOMVEC 2024 mencatat capaian positif kehadiran 11.531 trade visitors, angka ini lebih tinggi dari capaian penyelenggaraan GIICOMVEC sebelumnya. “Penyelenggaraan GIICOMVEC 2024 mencapai hasil yang positif terlihat dari angka kehadiran trade visitors terkurasi yang mencapai lebih dari 70% dari total visitors. Mereka hadir untuk memperluas jaringan bisnis serta mencari solusi atas kebutuhan bisnisnya, dan GAIKINDO berharap terselenggaranya pameran ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dan kemajuan kendaraan komersial,” ungkap Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Atas keberhasilan yang dicapai pameran GIICOMVEC 2024, GAIKINDO menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama atas dukungan penuh dari pemerintah yang ditunjukkan dengan kehadiran langsung Menteri Perindustrian RI, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita pada Jumat, 8 Maret 2024, pukul 09.30 WIB untuk membuka secara resmi pameran, dan mengunjungi area pamer GIICOMVEC 2024. Pada hari yang sama, dipukul 16.00 WIB, Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi juga hadir, sebagai keynote speaker pada seminar “Menjaga Keselamatan dan Penerapan Digitalisasi Pada Manajemen Transportasi Darat” yang merupakan kerjasama GIICOMVEC 2024 dengan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO).

“GAIKINDO menyampaikan penghargaan tertinggi atas dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan GIICOMVEC 2024. Kehadiran Menteri Perindustrian, pada Jumat (8/4) pagi hari, membuka secara resmi pameran, dan tidak hanya melakukan kunjungan area pameran, namun Beliau juga meluangkan waktu yang cukup panjang untuk memperhatikan kendaraan terkini serta berdiskusi dengan para peserta pameran. Kemudian pada sore harinya setelah menjadi pembicara seminar, Menteri Perhubungan juga melakukan kunjungan diarea pameran, menyapa pelaku bisnis. Waktu yang diberikan mengartikan dukungan yang sangat luar biasa bagi industri kendaraan komersial, dan sangat kami apresiasi,” ujar Nangoi. Selain itu Ia juga menyampaikan rasa terima kasih GAIKINDO atas dukungan terbesar untuk penyelenggaraan GIICOMVEC 2024 yang tentunya datang dari para anggota GAIKINDO, seluruh peserta, asosiasi-asosiasi terkait, serta para trade visitors yang hadir dari berbagai lini bisnis.

GIICOMVEC Sukses Dorong Pertemuan Bisnis Antar Peserta dan Trade Visitors

Selama tiga hari pertama, GIICOMVEC 2024 ditujukan untuk business days. Pelaku industri, profesional serta pemangku kepentingan bertemu untuk networking, berkolaborasi, membentuk strategi untuk membangun pasar, mencari solusi kebutuhan bisnis dan melakukan pertukaran informasi dan edukasi dalam industri kendaraan komersial. 

Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO menyampaikan tujuan GIICOMVEC 2024 menjadi ajang networking dan solusi bisnis bagi para pegiat industri kendaraan komersial mendapat sambutan positif. “Para peserta, dan para pebisnis industri kendaraan komersial yang hadir memanfaatkan momentum positif penyelenggaraan GIICOMVEC secara maksimal, lebih dari 800 pertemuan terjadwal para trade visitors dengan peserta pameran berlangsung sepanjang tiga hari pertama penyelenggaraan pameran, kami yakini hal tersebut akan memberikan dorongan positif terhadap proses networking dan transaksi,” tutur Rizwan.

Menurut Rizwan, para trade visitors tidak hanya dapat membangun networking dalam pameran GIICOMVEC 2024, namun juga mendapatkan wawasan mendalam mengenai tren terkini dalam industri kendaraan komersial. “GIICOMVEC 2024 menjadi sebuah ajang strategis bagi para pelaku industri untuk membahas isu-isu krusial, mengeksplorasi potensi kerja sama berkelanjutan dan merancang solusi inovatif dalam menghadapi tantangan yang dihadapi pada sektor kendaraan komersial, dengan program seminar, talkshow serta classroom membuktikan bahwa GIICOMVEC bukan hanya sebagai pameran, melainkan juga sebuah forum penting untuk pertukaran pengetahuan dan pengembangan industri,” jelas Rizwan.

Tahun ini, GIICOMVEC 2024 menampilkan deretan kendaraan komersial dengan inovasi dan teknologi terkini dari merek-merek seperti Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, dan Wuling. Para pelaku industri pendukung juga hadir memamerkan beragam produk otomotif unggulannya pada GIICOMVEC 2024, hadirnya karoseri ternama seperti Adiputro, Delima Mandiri dan MTU melengkapi keberagaman produk yang ditawarkan, menunjukkan kolaborasi yang kuat di seluruh rantai pasok dari industri kendaraan komersial.

GIICOMVEC 2024 juga mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah asosiasi terkait industri kendaraan komersial Indonesia pada pameran GIICOMVEC 2024, seperti seperti Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA), Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Expres, Pos, & Logistik Indonesia (ASPERINDO), Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) serta Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI).

Sebagai pameran one-stop business solution, GIICOMVEC juga mendapatkan dukungan dari para sponsor, yakni Astra Financial sebagai Official Financial Partner bersama dengan Astra Credit Companies, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance, Bank Jasa Jakarta. GIICOMVEC 2024 juga didukung oleh Pertamina Lubricants dan Lalamove sebagai sponsor yang memainkan peran penting dalam menambah nilai ajang ini.

GIICOMVEC akan kembali digelar pada tahun 2026

Sebagai bagian dari komitmen GAIKINDO untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri otomotif di Indonesia, khususnya pada sektor kendaraan komersial, GAIKINDO merencanakan penyelenggaraan pameran GIICOMVEC untuk terus berlangsung dalam dua tahun sekali. “GIICOMVEC dijadwalkan akan kembali hadir untuk para pebisnis Indonesia di tahun 2026 mendatang, sebagai wujud komitmen GAIKINDO untuk terus membantu Pemerintah Republik Indonesia mewujudkan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif serta sebagai motor penggerak industri kendaraan komersial di tanah air,” tutup Rizwan.

 

 

Related News