• 20 April 2024

Berebut Takjil Ramadan, Buah-buahan Yang Wajib Dijadikan Menu Berbuka Puasa

"Perang berebut Takjil atau makanan untuk berbuka puasa sedang viral pada berbagai sosial media. Saling berbalas komentar yang menggemaskan kerap mengundang tawar. Tetapi ada buah-buah yang kerap dilupakan dalam menu berbuka puasa maupun sahur."

Jagadtani - Mungkin bagi Sahabat Tani yang menjalankan ibadah puasa, telah terbiasa menjadi buah-buahan sebagai bagian dari menu berbuka puasa. Buah-buahan memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Tetapi juga ada yang merasa dengan mengkonsumsi sup buah atau es buah telah mewakili dalam memperoleh asupan nutrisi bagi tubuh. Namun ada kandungan gula berlebih yang harus Sahabat Tani pertimbangkan. Akumulasi dalam asupan gula yang berlebih akan sangat tidak baik bagi tubuh. 

Tentu mengkonsumsi buah-buahan dalam berbuka puasa harus diperhatikan agar lebih mendapatkan manfaat dibandingkan kerugiannya.

Untuk Buah-buahan yang dianjurkan dikonsumsi dalam mengembalikan nutrisi pada tubuh, meliputi:

Buah Kurma

Kandungan yang tidak perlu diragukan, buah yang identik dengan bulan Ramadan ini mengandung karbohidrat, serat dan antioksidan. Dengan kandungan pada buah Kurma, tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh setelah menjalankan ibadah puasa.

Rasullah Nabi Muhammad SAW sangat menyukai buah Kurma sehingga menjadi menu wajib dalam berbuka puasa. 

Kurma menu wajib berbuka puasa "Kurma menu wajib berbuka puasa "

Saat ini, sangat banyak buah Kurma yang tersedia di Indonesia. Namun Sahabat Tani harus memastikan asal Kurma tersebut bukan dari negara yang membuat Masyarakat Palestina menderita.

Buah Stroberi

Berbagai kandungan pada buah stroberi telah terbukti sangat baik bagi tubuh. Bahkan kandungan pada buah stroberi juga sangat baik bagi ibu hamil karena terdapat asam folat.

Keunggulan stroberi dapat memperlambat pencernaan glukosa sehingga tidak ada resiko gula darah melonjak drastis 

Buah Anggur

Buah anggur merupakan buah yang juga digemari oleh Rasullah. Dengan rasa segar dan manis membuat buah ini cocok untuk menu berbuka puasa.

Selain mengandung cairan, buah anggur juga terdapat serat yang baik bagi tubuh. Berbagai jenis buah anggur telah tersedia sehingga memudahkan untuk menentukan buah anggur yang akan dijadikan menu berbuka puasa.

Buah Blewah

Banyak yang berpendapat, Blewah merupakan buah Ramadan. Walau sebenarnya para petani telah mengatur masa tanam hingga akan dipanen pada bulan Ramadan, seperti halnya timun Suri.

Blewah menjadi buah yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa karena mengandung mineral, cairan dan gula sehingga dapat mengembalikan energi setelah berpuasa.

Buah semangka

Bagi Sahabat Tani yang gemar mendaki Gunung di Indonesia, rasanya buah semangka kerap menjadi penggoda untuk singgah di warung kecil yang berada di pos pendakian.

Dengan kandungan air yang melimpah sehingga cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena mampu mengusir dahaga. Selain air, buah semangka mengandung vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan sehingga dapat menjaga keseimbangan elektrolit.

Dengan lima jenis buah yang kami infokan, tentu menu buka puasa Sahabat Tani makin berwarna. Namun yang harus Sahabat Tani perhatikan adalah konsumsi gula agar tidak menimbulkan penyakit diabetes.

Selain lima buah tersebut, Sahabat Tani juga dapat mengkonsumsi buah lainnya untuk berbuka puasa yang disesuaikan dengan selera.

Related News