• 29 April 2024

Fakta Minyak Makan Merah Ungguli Minyak Goreng

“Minyak makan merah Diklaim telah diuji oleh para juru masak dengan hasil dinyatakan lebih enak dan nilai gozi lebih baik dibandingkan minyak goreng pada umumnya.'

Jagadtani - Pabrik percontohan minyak makan merah telah Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Kamis (14/03). Pabrik minyak makan merah yang Diklaim memiliki keunggulan berdiri di daerah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Kapasitas pabrik dengan produksi 10 ton CPO (crude palm oil) per hari ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 7 ton minyak makan merah setiap hari. 

Dalam peresmian pabrik ini, Presiden Jokowi berharap  ”Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri. Oleh sebab itu, kita bangun pabrik minyak makan merah, ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi. Jadi, harga TBS (tandan buah segar) tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah,” ujar Presiden Joko Widodo - dilansir dari laman Presiden RI.

Presiden Joko Widodo setelah meresmikan pabrik minyak makan merah "Presiden Joko Widodo setelah meresmikan pabrik minyak makan merah "

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menjelaskan, salah satu keunggulan minyak makan merah ini adalah harganya yang lebih kompetitif dibandingkan minyak goreng pada umumnya, serta kandungan vitamin A dan E yang tetap terjaga. Hal ini, menurut Presiden, menjadikan produk ini tidak hanya sehat tetapi juga ekonomis bagi masyarakat.Minyak Makan Merah.

Mengenal Minyak Makan Merah 

Minyak makan merah atau refined palm oil merupakan hasil olahan dari minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) yang hanya sampai pada penyulingan sebagai proses terakhirnya.

Berbeda dengan minyak goreng pada umumnya yang masih melalui serangkaian proses lanjutan. Minyak dengan warna merah terang ini, memiliki aroma yang cukup kuat.

""

Warna merah diperoleh dari karakter kelapa sawit yang mengartikan kandungan nutrisinya masih terjaga. Berbeda dengan minyak goreng yang melalui proses bleaching earth dengan bentonite. Proses bleaching ini bertujuan menyerap bahan yang berwarna merah sehingga minyak menjadi bersih.

Namun proses bleaching, justru membuat minyak goreng kehilangan nutrisi penting bagi kesehatan

Kandungan Minyak Makan Merah

Berdasarkan dari narasumber Ketua Pusat Studi Sawit Institut Pertanian Bogor (IPB) atau Ketua PUSDI SAWIT IPB Prof. Dr. Ir. Budi Mulyanto, MSc yang mengatakan pada laman kontan.co.id.

Minyak makan merah memiliki kandungan nutrisi asam oleat, asam linoleat yang baik buat perkembangan otak; beta karoten yang merupakan vitamin A; tokoferol, tokotrienol yang merupakan vitamin E; squalene dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Asam oleat dan asam linoleat berfungsi untuk pembentukan dan perkembangan otak, transportasi dan metabolisme pada anak.

""

Berbagai keunggulan Minyak makan merah yang diperoleh dari kandungan nutrisi didalamnya juga dapat dijadikan bahan pangan yang anti-stunting.

Untuk penggunaan, Minyak makan merah dapat digunakan menumis bahan pangan, salad dressing, bahan baku margarine dan shortening, dan sebagainya.

 

 

 

Related News