• 21 April 2024

Panen Melimpah, Ini Manfaat Rambut Pada Jagung

"Hampir pada seluruh bagian jagung dapat dimanfaatkan, termasuk bulu atau rambut jagung. Dengan pengolahan yang tepat, rambut jagung dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh."

Jagadtani - Beberapa daerah di Indonesia sedang memasuki masa panen Jagung, meningkatnya produksi membuat pemerintah khawatir akan minimnya penyerapan jagung. 

Seluruh bagian jagung memiliki kegunaan, termasuk bagi rambut Jagung yang mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, garam, minyak atsiri, alkaloid, tanin, saponin, flavonoid, stigmasterol, sitosterol dan antioksidan.

Tentunya dengan beragam kandungan pada rambut jagung dapat memberikan manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Segudang kandungan nutrisi dari rambut jagung "Segudang kandungan nutrisi dari rambut jagung "

Berdasarkan kandungan nutrisi pada rambut jagung yang dapat berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh, meringankan sakit kepala, mengatur gula darah, menjaga tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi nyeri sendi, menurunkan depresi, menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem pencernaan.

Untuk mengolah bulu atau rambut jagung dapat dengan cara direbus, digoreng, dijadikan jus hingga dikonsumsi secara langsung. 

Olahan yang dapat dihasilkan dari rambut jagung seperti, minuman teh dari rambut jagung, campuran bahan sup, tambahan sayuran pada salad, digoreng dengan minyak zaitun untuk membuat cemilan dan campuran buah-buahan untuk di juice atau minuman lainnya.

Manfaat rambut jagung bagi kesehatan tubuh "Manfaat rambut jagung bagi kesehatan tubuh "

Namun rambut jagung yang dapat dikonsumsi harus berasal dari jagung berusia muda. Biasanya lebih banyak yang menggunakan jagung muda manis. Usia rambut jagung yang masih mudah memiliki rasa sedikit manis sehingga enak untuk di konsumsi.

Dengan telah mengetahui kandungan dan manfaat dari rambut jagung, Sahabat Tani dapat mengolah dengan berbagai kreasi untuk menu berbuka puasa.

 

 

Related News