• 15 April 2024

Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik

"Memelihara hewan dapat menjadi jalan menyalurkan hobi, tanpa disadari justru memberikan nilai ekonomis. Termasuk dalam memelihara Axoloti, hewan untuk yang dapat tersenyum meneduhkan hati."

Jagadtani - Perkenalkan Axolotl, hewan yang berasal dari Mexico dan kerap disebut sebagai ‘monster air’ karna penampilannya yang tidak biasa, tetapi hewan ini terancam punah di sana karna polusi air. Walau begitu, banyak orang-orang ingin memelihara hewan ini karna mungil dan wajahnya terlihat seperti ‘tersenyum’ hingga terkesan menggemaskan. 

Hewan ini aslinya berwarna coklat atau hitam, karna mereka hidup di alam liar agar bisa berkamuflase. Tetapi karna sekarang banyak yang pelihara, warna pink sering muncul, dan ada kemungkinan besar hewan tersebut albino. Walaupun Axolotl albino banyak dipilih karna tubuhnya berwarna pink, kekurangan nya adalah penglihatan mereka kurang atau buta. Sehingga Axolotl albino lebih sensitif terhadap gerakan.

Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik"Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik"

Axolotl memiliki keunikan yaitu badannya seperti berudu empat kaki, tetapi kakinya lebih pendek dan insang ‘berbulu’ di belakang kepala, insang ‘berbulu’ tersebut disebut gills. Hewan ini bernafas menggunakan paru-paru, tetapi karna mereka masih memiliki gills, mereka dapat bernafas di permukaan dan di air sehingga hewan ini termasuk amfibi. Tetapi mereka lebih sering di dalam air dibandingkan di permukaan. 

Menurut Livia Verren pemilik Axolotiverr, Axoloti atau terkadang disebut Naga Air Mexico memiliki keunikan karena mampu meregenerasi anggota tubuhnya yang hilang, termasuk organnya.

Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik"Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik"

"Walau begitu, hasil dari bagian anggota tubuh yang beregenerasi akan terlihat berbeda dari sebelumnya. Kejadian inilah yang menarik perhatian penelitian untuk diteliti." Ujar Livia Verren pada tim Jagadtani.

Makanan yang biasa dimakan Axolotl adalah ikan kecil, serangga, cacing, atau potongan ikan. Karena Axolotl tidak memiliki gigi, maka mereka makan dengan cara menghisap seperti vacum.

Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik"Axolotl, Hewan Salamander Tersenyum Yang Unik"

Jika kalian ingin breeding Axolotl, maka kalian akan butuh waktu karna kalian tidak bisa memaksa jantan atau betina untuk breeding, sehingga tergantung Axolotl sendiri ingin kawin atau tidak. 

Jika memang Axolotl ingin kawin, maka Axolotl jantan akan merayu Axolotl betina dengan cara ‘bernari’. Jantan akan menaruh spermanya di dasar, lalu yang betina akan mengambil sperma tersebut dan kemudian bertelur. Butuh waktu sekitar dua minggu telur Axolotl menetas.

Related News