• 15 April 2024

Bukti Mudah Menanam Anggur Di Lahan Cuci Steam

Jagadtani - Orang-orang berpikir, jika menanam anggur sulit karena perawatannya, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk Paimin, pemilik cuci steam. Dia memiliki pohon anggur di dekat tempat dia usaha, dan hasil buahnya bagus dan manis.

Hanya berawal dari penasaran akan rasa anggur, kini memiliki pohon anggur yang berbuah banyak di tempat kerjanya. Hasil dari anggur tersebut tidak dijual, melainkan diberikan dengan ikhlas.

Alasan Paimin memiliki pohon anggur, berawal dari rasa iseng. Berawal dari pemilik tanah kontrak yang mempunyai banyak buah anggur. Paimin penasaran dengan rasa anggur, tetapi dia tidak meminta buahnya, melainkan dia meminta batangnya untuk ditanam sendiri.

""

Selanjutnya Paimin merawat anggur tersebut mengikuti pemilik tanah kontrak. Hingga kini mulai merasakan manisnya hasil panen anggur.

Pada saat berbuah ternyata rasa dari buah tersebut asem dan pahit, bahkan tidak dapat dimakan. Sehingga dia memutuskan untuk menanyakan perihal ini ke ahli anggur. Pada akhirnya dia memotong batang dari anggur tersebut, lalu di stek dengan anggur trans karna perawatannya mudah. Menunggu sekian lama, pada akhirnya buah anggur tersebut terasa manis.

“Nggak neko-neko, cukup pupuk sebulan sekali secara rutin dengan MPK dan tahi kambing. Untuk cara mupuknya, pupuk yang lama dibongkar dan pupuk yang baru ditanam” Ungkap Paimin pada tim Jagadtani.

Ia juga mengungkapkan keinginannya, andaikan dia memiliki 100-500 meter, dia akan membangun kebun pohon anggur.

 

Related News