• 2 May 2024

Kroto Menghilang, Pemancing dan Kicau Mania Menjerit

uploads/news/2024/04/kroto-menghilang-pemancing-dan-311775be93871aa.jpg

"Sudah hampir dua minggu, pengiriman kroto dari peternak tidak lancar. Sekali datang jadi rebutan antara kicau mania maupun Pemancing sehingga langsung ludes terjual."

Jagadtani - Dengan kandungan protein yang tinggi, menjadikan kroto sebagai pakan burung kicau maupun tambahan umpan ikan Pemancing. Namun menjelang hingga pasca lebaran Idul Fitri, stok kroto sangat minum sedangkan 'demand' cukup tinggi. 

Banyak faktor penyebab dari minimnya stok kroto di tingkat penjual eceran. Salah satunya karena arus mudik maupun balik yang cukup panjang sehingga pengiriman tertunda. 

Menurut Chandra sebagai penjual pakan burung di daerah Bekasi, tertundanya pengiriman karena mereka yang biasa mendistribusikan masih mudik lebaran. "Stok di peternak sebenarnya ada, tetapi karena yang mengirim tidak ada jadi minim pasokannya." 

Dari informasi yang diterima tim Jagadtani, pasokan kroto untuk wilayah Jabodetabekjur berasal dari beberapa daerah. Termasuk dari Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Lampung. 

Sistem transportasi yang mengalami kendala karena imbas dari kemacetan arus mudik Lebaran sampai dengan arus balik, dianggap salah satu penyebabnya. "Daya tahan kroto ketika berada di luar ruangan atau saat pengiriman hanya hitungan jam. Bila terlalu lama menjadi kurang segar sehingga menurun kualitas kroto tersebut. Kemacetan bisa jadi penyebab utama tertundanya pengiriman kroto." Pungkas Chandra - pedagang pakan burung yang berasal dari Klaren ini.

Lebih lanjut, kroto dengan andungan kalsium, asam folat, dan vitamin B memang menjadi incaran bagi kicau mania maupun peternak burung. Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh burung, kroto juga dapat mendongkrak birahi burung kicau.

Untuk harga kroto, cukup bervariasi tetapi khusus harga kroto kualitas super yang telah bersih (seperti beras) dan kering (Pera) dapat mencapai Rp75 ribu hingga ratusan ribu per 250 gram.

Harga yang cukup tinggi dan menggiurkan untuk ditekuni. Peluang bisnis budidaya kroto tetap menjanjikan selama hobi kicau mania dan pemancing masih berjalan. 

 

Related News