• 15 June 2024

Stabil, Ini Harga Daging Sapi di Bekasi

"Harga daging sapi setelah Lebaran masih relatif stabil, walau belum mengalami penurunan yang signifikan. Tapi harga ini pasti lebih rendah dibandingkan menjelang Idul Fitri."

Jagadtani - Kebutuhan daging sapi segar masih tergolong tinggi setelah hari Raya Idul Fitri untuk memenuhi permintaan katering, penjual makanan hingga konsumen langsung. 

Dari pantauan tim Jagadtani di pasar Jatiasih - Bekasi, untuk harga dikatakan masih berada di atas harga sebelum memasuki bulan Ramadan. Namun tentunya lebih rendah dibandingkan harga pada Hari Raya Idul Fitri. 

Menurut Oben - pedagang daging sapi segar di pasar Jatiasih, harga telah mengalami penurunan tetapi belum menyentuh harga normal. 

Oben - pedagang daging sapi segar di pasar Jatiasih "Oben - pedagang daging sapi segar di pasar Jatiasih "

Saat ini harga tertinggi daging sapi segar berada di bagian tenderloin, yakni Rp160.000 per kilogram. Tenderloin merupakan bagian daging sapi yang diambil dari bawah tulang rusuk, tepatnya di samping tulang punggung.

Sedangkan untuk bagian daging sapi lainnya masih berada di angka Rp150.000 per kilogram. Harga ini juga berlaku pada bagian sirloin. 

"Harga daging bagian tenderloin pasti lebih tinggi dibandingkan sirloin maupun bagian lain pada daging sapi."

Daging Sapi segar "Daging Sapi segar "

Lebih lanjut, Oben mengatakan kemungkinan harga daging sapi segar akan turun setelah satu bulan dari hari Lebaran. "Biasanya harga akan mulai setelah satu bulan dari lebaran, tetapi bisa naik lagi menjelang Idul Adha."

Walau harga masih cukup tinggi, Oben mengakui stok daging sapi yang diperoleh dari dua RPH (Rumah Pemotongan Hewan) di daerah Bekasi akan selalu habis setiap harinya. 

Harga Daging Sapi segar "Harga Daging Sapi segar "

"Saya memperoleh dari dua RPH yang berada di Tambun dan Cakung, karena sesuai jatah untuk setiap pedagang daging sapi. Untuk total penjualan, setiap harinya bisa laku dari 30 - 50 kilogram." Pungkas Oben yang mulai membuka lapaknya dari pukul 02.00.

Seluruh daging tersebut biasanya telah di pesan untuk memenuhi permintaan katering, penjual makanan (bakso dan lainnya) hingga konsumen pribadi.

Related News