• 30 May 2024

APPSI Bakal Cetak Sejarah Pameran Sapi di Jakarta

"Dengan adanya kontes & expo sapi APPSI piala pimpinan MPR di DKI Jakarta, diharapkan akan bermunculan peternakan atau farm baru sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada sapi."

Jagadtani - APPSI (Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia) memastikan akan menggelar ajang yang berbeda dan bakal mencatatkan sejarah melalui kegiatan 'Kontes & Expo Sapi APPSI piala pimpinan MPR' di DKI Jakarta.

Kegiatan yang diadakan pada 4 - 5 Mei 2024 akan menggunakan area di Kemayoran. Peserta yang akan hadir dapat dipastikan dari pelosok pulau Jawa hingga Sumatera dengan total sapi mencapai 500 ekor. 

Menurut Firman LF sebagai ketua penyelenggara mengatakan, kegiatan ini akan menjadi sejarah dengan menghadirkan sapi sebanyak 500 ekor. Namun Firman juga mengatakan bahwa ajang ini bukan sekedar kontes maupun pameran tetapi juga membawa misi agar swasembada sapi.

Kontes & Expo Sapi APPSI piala pimpinan MPR di DKI Jakarta"Kontes & Expo Sapi APPSI piala pimpinan MPR di DKI Jakarta"

"Selain akan mencetak sejarah untuk pertama kalinya dengan menghadirkan ratusan sapi pada satu tempat, kami juga berharap ajang ini menjadi pemicu bermunculan farm baru sehingga Indonesia dapat swasembada sapi." Ungkap Firman LF. 

Untuk memastikan kegiatan yang akan digelar pada 3-5 Mei 2024, APPSI menggelar halal bihalal dan Technical Meeting di Swiss - Belinn - Kemayoran pada 21 April 2024.

Berbagai persiapan dibahas, termasuk mengenai kesehatan sapi yang akan mengikuti 'Kontes & Expo Sapi APPSI piala pimpinan MPR' . Firman LF memastikan akan ada pemeriksaan kesehatan setiap sapi dengan teliti. 

Halal bihalal dan Technical Meeting Kontes & Expo Sapi APPSI piala pimpinan MPR di DKI Jakarta"Halal bihalal dan Technical Meeting Kontes & Expo Sapi APPSI piala pimpinan MPR di DKI Jakarta"

"Bila ada sapi yang kesehatannya bermasalah akan langsung dikarantina dan segera dipulangkan agar tidak menyebar ke sapi lainnya. Sedangkan sapi yang akan mengikuti kontes maupun pameran tetapi akan dikontrol oleh dinas kesehatan." Ujar Firman LF pada tim Jagadtani.

Untuk kelas kontes yang diadakan untuk memperebutkan piala pimpinan MPR sebanyak sembilan kelas, terdiri dari kelas Pendet, P1 - P3, Ekstrem, PO Ekstrim,  PO Cross dan Mega Bintang. Tentunya setiap kelas memiliki kriteria berbeda dalam penilaian oleh para juri.

Bagi Sahabat Tani yang tertarik mengikuti ajang ini, khusus peserta dari Jawa Barat dan Jawa Timur akan mendapatkan potongan biaya pendaftaran. Begitu pula untuk daerah lainnya.

 "Pendaftaran kami buka hingga 30 April 2024, tetapi bila kuota sebanyak lima ratus ekor telah terpenuhi maka akan ditutup." Pungkas Firman LF.

Related News