• 4 May 2024

Akandra Farm, Peternakan Kambing Perah Berkualitas

"Siapa yang menyangka peternakan kambing yang berada di dekat bandara Halim Perdanakusuma memiliki koleksi kambing bernilai puluhan juta. Nilai harga kambing tersebut berkat jenis kambing berkualitas yang selalu terjaga."

Jagadtani - Mulai berdiri sejak 2018, Akandra farm kini berada di area Agro Wisata Halim Perdanakusuma. Sebelumnya, peternak kambing yang mengkhususkan diri pada kambing jenis perah pernah menempati lahan di daerah Jatiasih - Bekasi. 

Menurut Ahmad Muzaki yang akrab dipanggil Zaki ini, dulu pernah menempati lahan di Agro Wisata Halim Perdanakusuma pada tahun 2019 hingga 2021. Namun ketika memutuskan menempati rumah di daerah Bekasi, akhirnya peternakannya ini di boyong ke Jatiasih.

Arkandra farm peternakan kambing di Agro Wisata Halim Perdanakusuma "Arkandra farm peternakan kambing di Agro Wisata Halim Perdanakusuma "

"Setelah terkena gusur karena pembangunan jalan tol, akhirnya saya memutuskan kembali ke Agro Wisata Halim Perdanakusuma. Sebenarnya saya masih memiliki kandang di daerah Ambrawa - Semarang untuk transit sebelum kambing maupun sapi dikirim ke Jakarta." Tutur Zaki pada tim Jagadtani.

Menempati lahan yang dekat dengan bandara Halim Perdanakusuma, baru dilakukan oleh Zaki pada tahun 2024. Menggunakan kandang panggung yang memang didisain untuk berkembang biak, Zaki memesan khusus dari Boyolali berukuran 15 x 5 meter.

Ahmad Muzaki pemilik Arkandra farm "Ahmad Muzaki pemilik Arkandra farm "

Sedangkan untuk kambing jenis perah sengaja dipilih karena nilai jualnya lebih bagus dibandingkan kambing pedaging. 

"Dulu Ayah yang juga memiliki usaha jual beli hewan ternak, menginginkan saya mencari jenis kambing yang bisa menarik perhatian konsumen. Alhasil kambing Sanen menjadi pilihan untuk berjualan pada Idul Adha dan selalu laris terjual. Selanjutnya saya mencari informasi hingga mendapatkan kambing perah memiliki nilai lebih tinggi, yakni kambing jenis Alpen."

Kambing jenis Alpen ini diperoleh dari peninggalan Suharto - mantan Presiden Republik Indonesia. 

Kambing hasil breeding Arkandra farm "Kambing hasil breeding Arkandra farm "

Jenis kambing yang tersedia di Akandra farm, mulai dari PE (Peranakan Etawa) ras Kaligesing, Sanen, Toggenberg, British Alpen hingga kambing lokal.

Walau mengkhususkan pada jenis kambing perah, Ahmad Muzaki memastikan Akandra farm juga menyediakan berbagai jenis hewan kurban, seperti sapi dan kambing.

Kambing di Arkandra farm "Kambing di Arkandra farm "

"Untuk Idul Adha, biasanya kami menyediakan kambing sebanyak 200 ekor dan sapi mencapai 50 ekor. Seluruh hewan kurban tersebut berasal dari Magelang maupun Semarang. Sedangkan penyebaran penjualan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan di daerah Jakarta maupun Bekasi." Pungkas Ahmad Muzaki yang merupakan pegawai BUMN ini.

 

Related News