• 30 May 2024

Modal 5 Juta, Kini Sukses Budidaya Kambing Perah

"Berawal dari keinginan membuktikan pada sang ayah yang kurang berhasil dalam menjalani usaha berjualan, termasuk hewan kurban. Kini Ahmad Muzaki telah sukses mendirikan usaha beternak kambing perah dari modal hanya lima juta rupiah."

Jagadtani - Lahir di keluarga yang perekonomian terbatas, membuat Ahmad Muzaki berusaha untuk dapat meningkatkan penghasilannya dengan membuka peternakan hewan kurban, khususnya kambing perah. 

Langkah keberhasilannya dimulai tahun 2018 dengan mendirikan Arkandra farm. Nama Akandra farm diambil dari nama sang buah hati yang memiliki arti menenangkan. 

Kambing Alpen bernama Luna sebagai salah satu indukan andalan Ahmad Muzaki "Kambing Alpen bernama Luna sebagai salah satu indukan andalan Ahmad Muzaki "

"Beternak kambing memberikan kesenangan bagi saya, terlebih setelah rutinitas di kantor sehingga ketika datang ke Akandra farm membuat hati menjadi tenang." Tutur Ahmad Muzaki pada tim Jagadtani.

Perjalanannya penuh lika - liku hingga akhirnya merasakan hasil dari jerih payahnya. Namun berkat ketekunannya dan banyak belajar dari para senior membuatnya dapat bertahan hingga memiliki puluhan ekor kambing jenis perah.

"Dulu saya mengawali dengan modal 5 Juta rupiah untuk membeli kambing jenis safera sebanyak dua ekor, selanjutnya berhasil terjual hingga Rp 12 juta. Saya menjalani dengan ikhitiar dan selalu berdoa agar dipermudah dalam berusaha."

Ahmad Muzaki pemilik Arkandra farm "Ahmad Muzaki pemilik Akandra farm "

Ahmad Muzaki juga pernah dibantu oleh pendiri GMC (Goat Milenial Community) yang menjual kambingnya dengan harga murah karena ingin hijrah merawat sapi.

Untuk kandang sendiri, Akandra farm telah mengalami pindah lokasi dari Halim ke Bekasi hingga akhirnya kembali ke Agro Wisata Halim Perdanakusuma. 

Dalam mengelola peternakan yang mengkhususkan pada kambing perah, Ahmad Muzaki dibantu seorang rekan yang telah dipercaya sejak awal memulai usahanya. 

"Sebenarnya untuk menjalankan usaha peternakan, ada dua faktor yang harus dipenuhi, yakni lokasi dan orang yang merawat. Khusus orang yang merawat harus bisa dipercaya karena harga kambing perah cukup tinggi. Beruntung saya memiliki Yudi, orang yang telah menjadi rekan sejak awal beternak kambing perah." Ujar Ahmad Muzaki yang akrab dipanggil Zaki.

Ahmad Muzaki di Arkandra farm "Ahmad Muzaki di Arkandra farm "

Keberhasilan dalam beternak kambing perah telah dibuktikan dengan memiliki tiga kandang yang tersebar di Bekasi, Semarang dan Halim. 

"Khusus kandang yang berada di Ambarawa - Semarang hanya untuk transit dari peternak di sekitar Jawa Tengah sebelum di bawa ke Jakarta, sementara yang di Agro Wisata Halim Perdanakusuma menjadi pusatnya. Pungkas Ahmad Muzaki.

 

Related News