• 30 May 2024

MZ Farm, Jaga Pakan Demi Kualitas Susu Kambing

"Sebenarnya rasa susu kambing dari jenis yang berbeda tidak terlalu berbeda. Namun kualitas hingga cita rasa sangat tergantung dari jenis pakan yang diberikan, kami di sini selalu menjaga hal tersebut."

Jagadtani - Berawal pada masa pandemi Covid-19, membuat MZ Farm yang berada di kawasan Agro Wisata Halim Perdanakusuma mulai memelihara kambing perah dengan hasil susu kambing berkualitas.

Nilai ekonomis yang sangat menjanjikan dibandingkan susu sapi, harga susu kambing berkisar Rp50 ribu ditingkat pengecer. Harga yang menjanjikan untuk usaha peternakan kambing perah.

Pakan menjadi kunci dalam menghasilkan susu kambing berkualitas "Pakan menjadi kunci dalam menghasilkan susu kambing berkualitas "

"Sebelum Covid-19, kami lebih fokus pada beternak kambing pedaging atau potong. Biasanya pesanan untuk memenuhi katering hingga yang ingin menjalankan ibadah aqiqah. Namun pembatasan yang diberlakukan membuat bisnis kambing daging kurang diminati, bahkan cenderung sepi peminatnya sehingga kami memutuskan berganti ke kambing perah." Ujar Muhammad Rifki. 

Memang banyak peternakan yang fokus pada kambing jantan untuk memenuhi permintaan katering maupun aqiqah harus gulung tikar karena tidak ada peminatnya. 

Langkah yang dilakukan MZ Farm dengan mengganti kambing jantan dengan kambing perah merupakan solusi terbaik pada saat pandemi Covid-19 menerpa seluruh dunia, termasuk Indonesia.

MZ Farm fokus pada ternak kambing perah "MZ Farm fokus pada ternak kambing perah "

Untuk jenis kambing perah milik MZ Farm, berjenis Safera. Jenis ini merupakan hasil persilangan dari kambing Etawa, Jawa Randu, Senduro yang dikawinkan dengan Pejantan jenis Sanen. 

Hasilnya susu kambing berkualitas berhasil diproduksi oleh MZ Farm. Alhasil, susu kambing yang dihasilkan MZ Farm menjadi incaran banyak orang, termasuk harus memenuhi permintaan Rumah Sakit di seputar Jakarta.

"Awal mulai beternak kambing perah, kami kesulitan dalam memenuhi permintaan susu kambing. Terlebih ketika susu kemasan banyak yang menghilang dari pasaran sehingga susu sebanyak 50 liter per hari masih belum mencukupi permintaan." Ungkap Muhammad Rifki yang akrab dipanggil Ambon ini.

MZ Farm di kawasan Agro Wisata Halim Perdanakusuma "MZ Farm di kawasan Agro Wisata Halim Perdanakusuma "

Banyaknya permintaan susu kambing pada masa pandemi karena kandungan Kalori, Karbohidrat, Protein, Lemak, Kalsium, Fosfor, Kalium dan natrium 

Berkat kandungan pada susu kambing, memberikan manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh, dapat menjaga kesehatan tulang, mempelancar sistem pencernaan, memelihara kesehatan jantung dan dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Muhammad Rifki memberikan susu pada kambing muda"Muhammad Rifki memberikan susu pada kambing muda"

Saat ini MZ Farm memiliki kambing berjumlah 160 ekor, sedangkan yang khusus memproduksi susu kambing hanya 35 ekor saja. 

"Dari 35 ekor kambing yang memproduksi susu dapat menghasilkan susu kambing sebanyak 50 liter per hari. Susu kambing ini kami perah setiap pagi dan sore. Sedangkan kambing lainnya merupakan anakan hingga indukan siapan." Pungkas Ambon pada tim Jagadtani.

 

Related News