• 15 June 2024

Hobi Budidaya Iguana, Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

"Sebelum hobi memelihara reptil, saya sempat merasakan 'manis' dalam membudidaya laba - laba jenis Tarantula. Kini mulai fokus budidaya iguana yang lebih mudah perawatannya."

Jagadtani - Hobi memelihara berbagai jenis hewan, bukan sekedar memberi pakan saja. Membutuhkan perawatan agar tidak menyiksa hewan peliharaan sehingga membutuhkan konsistensi yang didukung keluangan waktu. 

Hal tersebut yang membuat Yudha Herlambang, hijrah dari hobinya merawat laba - laba besar dan berbulu atau dikenal Tarantula dengan mengganti menjadi iguana.

Iguana albino"Iguana albino"

"Ketika tarantula bertelur, anak yang menetas dapat mencapai ribuan ekor sehingga membutuhkan waktu ekstra dalam perawatannya. Intinya saya merawat hewan tetapi tidak ingin menyakiti mereka sehingga memutuskan merawat iguana yang relatif lebih mudah."

Hal ini karena kesibukan Yudha yang menjalani bisnis konveksi di daerah Jakarta Timur ini.  Dengan mendirikan Madfall Iguanas Farm di Bekasi, hobi memelihara hewan dapat tersalurkan.

Ketertarikan pada iguana disebabkan keunikan reptil yang memiliki berbagai warna sehingga menarik perhatian siapapun ketika mengunjungi rumahnya. 

Saat ini hewan reptil yang ada dipelihara hanya tersisa indukan iguana saja, untuk anakan telah habis diborong oleh para penyuka iguana. 

Indukan iguana Red Coloumb dan albino "Indukan iguana Red Coloumb dan Red Albino "

"Iguana yang saya memiliki merupakan lokal breeding atau hasil budidaya di Indonesia. Saat ini saya mengandalkan pejantan iguana merah dengan betina iguana Red albino dan iguana berlabel Red Coloum." Tutur pemilik Madfall Iguanas Farm.

Tentu Yudha berharap dari hasil persilangan ini dapat menghasilkan jackpot. Paling tidak dari gen yang dimiliki indukan dapat memberikan keturunan bagus sehingga dilirik oleh pencinta reptil, khususnya iguana.

Untuk perawatan iguana, Yudha selalu memperhatikan sistem pencernaan peliharaannya. Untuk itu, seluruh iguana diletakan di luar ruangan. 

"Penjemuran tidak membutuhkan waktu lama, cukup 30 menit saja karena sinar Matahari membantu sistem pencernaan pada iguana agar tidak terkena BS (Bladder Stone) yang bisa berakibat fatal. Sinar Matahari juga bagus untuk kesehatan kulit tetapi harus memperhatikan pemberian air yang cukup." Lanjutnya.

Yudha Herlambang pencinta reptil khususnya iguana "Yudha Herlambang pencinta reptil khususnya iguana "

Lebih lanjut, Yudha mengatakan kebersihan kandang juga wajib dijaga agar tidak terkena jamur kulit. Penyakit kulit pada iguana cukup sulit menyembuhkan sehingga harus memperhatikan kesehatannya.

Saat ini, Yudha Herlambang sedang menunggu masa produksi karena proses perkawinan sedang berlangsung. "Semoga dalam waktu dekat mulai bertelur, menetas dengan sempurna dan mendapatkan jackpot." Pungkasnya.

Indukan iguana "Indukan iguana 

Hobi memelihara iguana memang untuk menjadi pengisi waktu disela kesibukannya, tetapi dapat menjadi bisnis sampingan karena dapat menghasilkan. Terlebih nilai per ekor untuk anakan mencapai ratusan ribu. Sementara sekali bertelur dapat mencapai ratusan ekor. 

 

Related News