• 22 May 2024

Cara Mudah Menanam Jagung Manis Bernilai Tinggi

uploads/news/2024/04/cara-mudah-menanam-jagung-43893670d7fb4d9.jpg

Jagadtani - Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Secara kandungan dan manfaat bagi manusia. Tentunya banyak yang ingin berusaha membudidaya tanaman jagung manis. 

Dikenal sebagai tanaman semusim atau dengan pengartian memiliki satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 60-75 hari. Berbeda dengan jagung ladang, jagung manis biasanya tidak dijual sebagai bahan ternak, melainkan sebagai konsumsi manusia. Untuk membudidaya jagung manis, berikut cybext sebagai pusat penyuluhan pertanian membagikan cara menanam jagung manis:

Tahap Persiapan menanam jagung manis

Budidaya jagung manis organik relatif mudah sebab mampu beradaptasi dengan cepat. Penanaman dapat  dilakukan di dataran rendah maupun tinggi seperti, kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.800 mdpl hingga dataran tinggi yang mempunyai ketinggian 3.000 mdpl.

Namun harus memastikan lahan mengandung unsur hara seperti nitrogen, kalium, serta fosfat yang tinggi. Secara teori pun disebutkan bahwa tanah untuk budidaya jagung manis organik sebaiknya memiliki pH 5-8.

Pemilihan Benih jagung manis

Pemilihan benih harus dilakukan dengan cermat sebab akan berpengaruh terhadap hasil panen. Pastikan benih sehat dan berkualitas. Bila bagi yang belum mempunyai pengalaman dalam bertaman jagung manis organik, sebaiknya membeli bibit jagung pada petani profesional.

Teknik penanaman sebaik apapun tidak akan menghasilkan buah yang besar dan melimpah apabila benihnya cacat, rusak, dan tidak berkualitas

Pengolahan lahan jagung manis

Pengolahan lahan dimulai dari pembersihan gulma. Selanjutnya, cangkul tanah dan biarkan selama 5-7 hari supaya tanah jadi gembur. Tanah juga harus memiliki kadar asam yang rendah. Jadi, bila mendapati tingkat keasaman tanah terlampau tinggi, selain itu juga bisa menambahkan kapur dolomit guna menetralkan pH-nya.

Tambahkan pula pupuk kandang atau pupuk bokashi sehingga tanah akan mempunyai kandungan nitrogen, kalium, dan fosfat yang cukup. Buat juga drainase atau bedengan supaya air tidak tergenang dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Panjangnya berkisar antara 20-30 cm dengan lebar kurang lebih satu meter.

Cara menanam jagung manis 

Budidaya jagung manis sebaiknya dilakukan awal musim penghujan sehingga tanaman akan mendapatkan air yang cukup. Bila melakukan penanaman benih pada musim kemarau, pastikan pengairan berjalan baik dan optimal.

Caranya tinggal masukkan 1-2 benih jagung manis ke dalam lubang yang sebelumnya telah dibuat. Kemudian tutup menggunakan pupuk kompos atau bokashi dan beri air secukupnya. Jangan terlalu banyak sebab akan mengganggu pertumbuhan benih.

Memeliharaan tanaman jagung manis

Tahap pemeliharaan tanaman jagung manis dimulai dari penyulaman yaitu melakukan pengecekan benih jagung yang sudah ditanam selama kurang lebih satu minggu. Pastikan benih tersebut tumbuh dengan baik. Bila terdapat benih yang tidak tumbuh maka segeralah menggantinya dengan benih baru.

Selanjutnya, lakukan pembersihan gulma menggunakan tangan dan bahan alami tanpa pestisida. Sambil membersihkan kebun, dapat sekalian melakukan pembubuhan atau menambahkan tanah pada batang serta akar jagung agar lebih kuat dan kokoh sehingga tanaman tidak gampang roboh. Pembubuhan dapat dilakukan ketika tanaman sudah mencapai usia satu bulan.

Penyiraman dapat dilakukan beberapa hari sekali atau tergantung musim. Kurangi menyiram tanaman di musim hujan dan tambah frekuensi penyiraman tatkala kemarau. Pastikan lahan tidak kekeringan.

Pengendalian Hama dan Penyakit pada jagung manis

Berbeda dengan tanaman jagung biasa yang menggunakan pestisida untuk membasmi hama serta penyakit, pengendalian hama dan penyakit jagung manis organik dilakukan secara alami.

Sebut saja hama kutu daun yang menyebabkan warna daun jadi menghitam dapat diatasi dengan musuh alaminya yaitu Miscraspis sp, Coccinella sp, dan Lysiphlebus mirzai. Belalang yang dapat dicegah dengan musuh alaminya atau hama tikus yang bisa dibasmi dengan perburuan.

Cara melakukan panen jagung manis

Masa panen jagung manis organik dapat dilakukan saat tanaman berusia 65-75 hari. Cara panen adalah dengan memutar tongkol jagung sampai terpisah dari tangkai. Untuk sisa panen misalnya batang jagung, bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau pengganti kayu bakar.

Untuk cara menanam jagung manis organik sangat mudah, hal yang harus dipastikan, yakni tidak ada bahan kimia selama penanaman. Pertumbuhan jagung akan optimal dan menghasilkan buah besar apabila unsur hara dalam tanah tercukupi dan pemeliharaan dilakukan dengan baik.

Related News