• 15 June 2024

Jenis Pupuk Unggulan untuk Pertumbuhan Padi

uploads/news/2024/05/pupuk-unggulan-untuk-pertumbuhan-5269679ff0d37cc.jpg

"Pupuk menjadi bagian penting dalam pertumbuhan tanaman, istilahnya tanpa pupuk tumbuhan akan terhambat pertumbuhannya. Namun pemberian pupuk harus disesuaikan kebutuhan agar tidak merusak atau mengganggu pertumbuhan tanaman, termasuk pada tanaman Padi."

 

Jagadtani - Pupuk adalah salah satu faktor penting dalam pertanian modern yang berperan dalam meningkatkan produktivitas tanaman, termasuk tanaman padi. Pemilihan jenis pupuk yang tepat akan penting untuk memastikan tanaman padi mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan optimal.

Dari berbagai jenis pupuk yang cocok untuk menunjang pertumbuhan tanaman padi, mulai dari:

1. Pupuk urea

Pupuk urea adalah sumber nitrogen yang paling umum digunakan dalam budidaya padi. Nitrogen sangat penting untuk pertumbuhan tanaman padi, terutama dalam pembentukan protein. Pupuk urea biasanya diberikan dalam dosis yang dibutuhkan oleh tanaman, biasanya sekitar 100-150 kg per hektar, tergantung pada tingkat kesuburan tanah dan jenis varietas padi yang ditanam. Pupuk urea dapat diberikan secara terpisah atau dicampur dengan pupuk fosfor dan kalium.

2. Pupuk tsp (triple super phosphate)

Pupuk tsp adalah sumber fosfor yang penting untuk pertumbuhan awal tanaman padi, terutama dalam pembentukan akar dan perakaran yang kuat. Pupuk ini biasanya diberikan sebelum penanaman, dengan dosis sekitar 50-100 kg per hektar, tergantung pada kondisi tanah. Pupuk tsp dapat dicampur dengan pupuk urea atau pupuk kcl (kalium klorida) untuk aplikasi bersamaan.

3. Pupuk kcl (kalium klorida)

Pupuk kcl adalah sumber kalium yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. Kalium membantu dalam meningkatkan toleransi tanaman terhadap stres lingkungan, seperti kekeringan dan serangan penyakit. Pupuk kcl biasanya diberikan dalam dosis sekitar 50-100 kg per hektar, terutama pada fase pertumbuhan vegetatif tanaman. Pupuk ini dapat dicampur dengan pupuk urea atau pupuk tsp untuk aplikasi bersamaan.

4. Pupuk organik

Selain pupuk anorganik, pupuk organik juga sering digunakan dalam budidaya padi. Pupuk organik, seperti pupuk kandang atau kompos, merupakan sumber nutrisi alami yang penting untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kesehatan tanaman. Pupuk organik dapat diberikan sebelum penanaman atau sebagai pupuk penutup tanah selama pertumbuhan tanaman.

Dengan mengenal jenis-jenis pupuk yang digunakan untuk padi, petani dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas panen mereka serta menjaga keberlanjutan lingkungan pertanian.

Related News