• 18 May 2024

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

uploads/news/2024/05/manfaat-buah-manggis-bagi-22101805af76814.jpg

"Buah Manggis memiliki beraneka ragam nama yang menyesuaikan daerah, berkat kandungannya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh."

Jagadtani - Buah Manggis adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Negara-negara Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Buah manggis itu sendiri memiliki nama latin Garcinia Mangostana Linn yang merupakan salah satu tanaman tropis Indonesia.

Di Tanah Air ini, Buah Manggis memilki sejumlah nama local, seperti Manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), atau Manggista (Sumatera Barat).

Buah manggis ini sejak dahulu sudah sangat popular dengan keeksotisan bentuk dan keunikan rasa buahnya, Dan juga buah Manggis ini tidak kalah saing dengan Apel dan Jeruk jika kita lihat dari kandungan Gizinya. Di lansir dari Halodoc berdasarkan data komposisi pangan Indonesia dari Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes), dalam 100 Gram buah Manggis segar terkandung beberapa nutrisi :   

Air : 143 83.0 Gram

Protein : 0,6 Gram

Energi : 6,3 Kal

Lemak : 0,6 Gram

Serat : 1,5 Gram

Karbohidrat : 15,6 Gram

Vitamin C : 5 miligram

Vitamin B1 (Tiamin) : 0,03 miligram 

Vitamin B2 (Riboflavin) : 0,03 miligram

Niasin (Niacin) : 0,03 miligram

Di dalam manggis itu sendiri juga terdapat vitamin dan dan mineral, yang mana penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas dan pensinyalan saraf. Dan buah Manggis ini termasuk makanan sehat rendah kalori. 

Manfaat kulit buah Manggis

Manggis merupakan termasuk salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk Kesehatan. Selain daging buah Manggis, kulitnya pun juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan, seperti :

1. Menurunkan kadar kolestrol jahat 

Kolestrol jahat yang mampu meningkatkan risiko penyakit seperti Jantung, Stroke, Tekanan Darah, dan penyakit Kronis Lainnya, khasiat kulit Buah Manggis ini lah yang juga dapat membantu menurunkan kadar Kolestrol Jahat sehingga risiko penyakit tersebut bisa berkurang.

2. Mengontrol Gula Darah

Terdapat penelitian menunjukan bahwa ekstrat kulit manggis ini dapat menurunkan Kadar Gula dan menjaganya agar tetap stabil. Jika Gula Darah sudah tekontrol maka kemungkinan akan terhindar dari beberapa penyakit seperti penyakit gangguan seksual kardiovaskular, dan penurunan fungsi kognitif. Manfaat kulit buah Manggis ini juga bisa didapat berkat kandungan xanthone di dalamnya. 

3. Mengencangkan Kulit

Agar memiliki kulit kencang dan akan awet muda, dengan ekstrak kulit buah Manggis ini bisa digunakan untuk sebagai skincare. Pasalnya sebuah penelitian sudah menunjukan bahwa ekstrak kulit Buah Manggis ini dapat membantu meningkatkan elastilitas kulit dengan baik.

Referensi:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/919/khasiat-buah-manggis-untuk-kesehatan 

https://lifestyle.bisnis.com/read/20230210/106/1626921/ini-10-manfaat-kulit-manggis-bagi-tubuh-dan-cara-mengolahnya  

https://www.alodokter.com/klaim-manfaat-kulit-manggis-dan-kebenarannya 

https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-manfaat-kulit-manggis-dan-cara-mengonsumsinya 

https://www.halodoc.com/artikel/kandungan-nutrisi-dalam-manggis-untuk-kesehatan 

 

Related News