• 16 June 2024

Berbagai Kendaraan Andalan Pengangkut Sapi Kurban

"Kebutuhan transportasi untuk membawa hewan ternak menjadi bagian terpenting. Tanpa kendaraan yang mumpuni, dipastikan peternak tidak dapat membawa sapi, kambing maupun domba untuk dipasarkan."

Jagadtani - Ukuran sapi yang cukup besar membuat peternak harus mengandalkan kendaraan bermuatan besar. Kemampuan kendaraan yang didominasi truk atau pick up juga harus mumpuni karena melalui berbagai medan berkontur dari peternakan ke kota Besar.

Bicara tentang kapasitas daya angkut, paling tidak kendaraan yang bisa digunakan harus mampu membawa beban seberat lebih dari satu ton. Hal ini karena satu ekor sapi bisa mencapai lebih dari 1,2 ton, seperti sapi bernama Douglas, Rossi dan lainnya. 

Kendaraan Andalan Peternak Sapi Kurban"Kendaraan Andalan Peternak Sapi Kurban"

"Kalau mobil yang berukuran kecil, mungkin hanya bisa membawa sapi yang beratnya di bawah satu ton. Tapi untuk sapi jumbo yang bobotnya lebih dari satu ton maka menggunakan truk saja. " Ungkap Suwandi yang membiasa mengirimkan sapi dari Jawa Tengah ini.

Di Indonesia, cukup banyak pilihan untuk kendaraan Komersial yang digunakan oleh para peternak hewan atau jasa pengiriman hewan. 

Dari kendaraan yang sering dijumpai oleh tim Jagadtani, terdapat Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, Suzuki, Daihatsu dan Wuling Formo. 

Kemampuan mobil komersial tipe pick up memang dapat diandalkan dalam membawa hewan ternak berukuran kecil atau bobotnya di bawah satu ton. Kendaraan yang cocok meliputi Wuling Formo, Suzuki Carry, Daihatsu Granmax PU, Mitsubishi L300, Dan tentu saja Isuzu Traga.

Kendaraan Andalan Pengangkut Sapi Kurban"Kendaraan Andalan Pengangkut Sapi Kurban"

Sedangkan kendaraan yang biasa digunakan para peternak sapi, terdiri dari Mitsubishi Fuso dan Mitsubishi Canter. Sedang Isuzu yang terkenal dengan jargon rajanya diesel, menyediakan Isuzu Elf dan Isuzu Giga.

Dengan beragamnya kendaraan yang digunakan, hal ini menyesuaikan kebutuhan dari setiap peternak sapi. 

Kalau Sahabat Tani, lebih memilih Merek dan tipe apa untuk membawa hewan ternak ya?

Related News