• 18 October 2024

Manfaat Singkong Dengan Beragam Kandungannya

uploads/news/2024/05/manfaat-singkong-dengan-beragam-182427e8f6b5ff1.jpg

Singkong pertama kali hadir di Indonesia sekitar tahun 1810, didatangkan dari Brazil. Singkong merupakan tanaman negara-negara tropis, contohnya Nigeria, Brazil, Thailand, dan Indonesia. Dari empat negara ini merupakan negara penghasil singkong terbesar di dunia (Soelistijono 2006). S

ingkong yang bisa juga disebut sebagai ubi kayu atau ketela pohon. Singkong salah satu sumber karbohidrat Indonesia ketiga terbesar setelah padi dan jagung. Umbi singkong yang kaya akan karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus ada pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. 

Menurut halodoc.com, singkong berada ditingkat paling atas jenis umbi-umbian yang paling bermanfaat, karena tidak hanya buah dan daunnya, akar singkong kaya akan vitamin C. Vitamin C penting sebagai sumber antioksidan, pendukung produksi kolagen, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Daging singkong tembaga, produksi energi, metabolisme zat besi, dll.

 

Manfaat Singkong

Dilansir hallosehat.com, bermacam gizi yang terdapat dalam singkong memiliki kegunaan tersendiri dalam tubuh.

1. Penambah Energi

Saat makan singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, lalu diubah lagi menjadi glikogen dan disimpan dalam otot.

2. Bantu pencegah diare atau sembelit 

Singkong mengandung pati resisten yang cukup tinggi. Pati resisten ini mendorong pertumbuhan bakteri baik yang akan melindungi usus dari peradangan.

3. Membantu menurunkan kadar gula darah

Kandungan serat singkong dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Seratnya juga dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah, resiko obesitas, dan resiko penyakit jantung.

4. Kaya sumber mineral untuk fungsi jaringan tubuh

Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.

5. Untuk Kulit

Singkong mengandung vitamin C zat penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit.

6. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi makanan yang tinggi kalium, seperti singkong dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena kalium dapat mengurangi kadar garam berlebih dan mengeluarkannya melalui urine.

7. Menjaga daya tahan 

Kandungan vitamin C singkong membantu menjaga daya tahan tubuh, membantu sel imun menghancurkan apa pun yang menyebabkan infeksi dalam tubuh. 

8. Pilihan untuk diet

Pati resisten dan serat lama dicerna oleh tubuh sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama, mengakibatkan tidak mudah lapar dan mengurangi keinginan makan.

9. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi dalam jurnal Food and Nutrition Science melakukan penelitian diketahui mengonsumsi singkong mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) yang signifikan.

10. Meningkatkan fungsi otak

Hal ini berkat kandungan kalium di dalam singkong. Studi dalam jurnal BBA Molecular Basis of Disease mengungkapkan bahwa mengonsumsi kalium dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat. 

 

Cara memilih dan mengolah singkong

Kita harus pandai memilih dan mengolah singkong. Cara ini bisa anda lakukan untuk memilih dan mengolahnya : 

1. Kupas kulit singkong. Lihat warnanya, banyak yang beranggapan warna kekuningan lebih baik daripada yang putih.

2. Kalau ada bagian yang membiru sebaiknya jangan dipilih. Singkong yang telah lama disimpan memang cenderung mengeluarkan noda biru atau hitam yang diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun.

3. Saat ingin mengolah singkong harus dicuci bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan tanah yang menempel di umbi singkong.

4. Cara mengupas umbi singkong cukup mudah, kupas bagian luar singkong yang berwarna coklat ditengahnya singkong secara memanjang, lalu tarik bagian yang terkelupas hingga lepas dari bagian dalam singkong yang berwarna putih

5. Cuci kembali singkong supaya bersih. Jika belum diolah, rendam singkong agar warnanya tidak berubah. Singkong adalah umbi akar yang teksturnya cukup keras, apabila akan dijadikan penganan harus dikukus atau diparut terlebih dahulu.

6. Untuk menghaluskan singkong sebaiknya dikukus hingga benar-benar empuk. singkong sebaiknya dihaluskan selagi masih panas.

7. Dari tanaman singkong ini bisa dijadikan hidangan yang menarik. Daun singkong untuk sayuran, sedangkan umbinya bisa diolah untuk camilan, cake, dan sebagainya.

 

Hasil pengolahan Singkong 

1. Tepung Modified Cassava Flour (mocaf)

Peneliti Institut Pertanian Bogor dan Universitas Jember berhasil menerapkan teknik fermentasi menggunakan bakteri asam laktat. Hasilnya, singkong yang diolah menjadi irisan tipis dapat terurai menjadi tepung modified cassava flour (mocaf). Tepung ini bisa digunakan untuk membuat aneka jenis makanan, seperti kue, roti, mie, dan bakso.

2. Tape 

Bahan baku pembuatan tape adalah singkong. Singkong yang bagus untuk dibuat tape adalah yang umurnya 6 bulan – 1 tahun, baru dicabut dari kebun, dan langsung dikukus. Pada proses pembuatan tape, karbohidrat mengalami proses peragian oleh mikroba atau jasad renik tertentu, sehingga sifat-sifat bahan berubah menjadi lebih enak dan sekaligus mudah dicerna. 

3. Keripik singkong

Keripik singkong adalah makanan ringan yang dibuat dari irisan tipis umbi singkong. digoreng, dengan diberi bumbu tertentu atau hanya diberi garam. Pada pembuatannya singkong dikupas, dicuci bersih, diiris tipis-tipis. Irisan singkong kemudian direndam dalam larutan air garam. Kemudian singkong digoreng dalam minyak yang panas.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/nutrisi-dan-manfaat-singkong/

https://dpmg.bandaacehkota.go.id/2010/10/27/singkong-semua-bagiannya-bermanfaat-lho/#:~:text=Singkong%20dikenal%20dengan%20sebutan%20ketela,yang%20termasuk%20tumbuhan%20umbi%20akar.&text=Umbi%20singkong%20merupakan%20sumber%20energi,karena%20mengandung%20asam%20amino%20metionin.

https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-jenis-umbi-umbian-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan

https://www.researchgate.net/publication/360145802_Pelatihan_Pemanfaatan_Limbah_Kulit_Singkong_Menjadi_Keripik

https://nationalgeographic.grid.id/read/13282282/pengolahan-singkong-jadi-13-produk-turunan

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://satudata.pertanian.go.id/assets/docs/publikasi/Outlook_Komoditas_Tanaman_Pangan_Ubi_Kayu_Tahun_2020.pdf&ved=2ahUKEwi7zLGm-eGFAxVbzjgGHQq6AJYQFnoECCQQAQ&usg=AOvVaw3vfok4vNHH8zpLoYxV-GfZ

https://www.biotifor.or.id/cara-menanam-singkong/

Related News