• 18 July 2024

Langkah Awal Merawat Anak Kambing Perah

"Budidaya Kambing perah memiliki nilai ekonomis yang sangat besar sehingga banyak peternak mulai melirik. Selain susu kambing, ternyata anak kambing perah juga harganya cukup bernilai tinggi karena jenis kambing yang digunakan bukan sembarangan."

Jagadtani - Harga jual susu kambing murni dapat mengalahkan nilai dari susu sapi murni. Hal tersebut yang membuat banyak peternak mulai tertarik untuk melakoni bisnis kambing perah.

Memang modal awal untuk kambing penghasil susu, cukup lumayan dibandingkan kambing pada umumnya. Kambing yang dapat menghasilkan susu berkualitas harus dari jenis tertentu, seperti Etawa, Sapera, Saenen, hingga jenis Alpen (kambing impor).

Dengan mendapatkan susu kambing yang bernilai tinggi, tentu anak kambing yang dihasilkan juga bisa dijual. Dapat dijadikan indukan hingga sebagai kambing pedaging. 

Anak Kambing Perah sedang menyusu "Anak Kambing Perah sedang menyusu "

Susu kambing sendiri baru dapat dihasilkan indukan betina setelah melahirkan sehingga untuk mendapatkan susu maka sang anak kambing harus dipisahkan. 

"Anak kambing yang masih menyusu pada indukan akan membuat produksi susu hanya dimanfaatkan sang anak. Biasanya kami mulai memisahkan setelah dianggap anak kambing dapat bertahan hidup atau paling tidak berusia di atas satu bulan." Ungkap Muhammad Rifki dari MZ Farm.

Bila telah dipisahkan, anak kambing dapat diberikan susu sapi murni. Pemberian dapat dilakukan dua kali dalam satu hari, yakni pagi dan menjelang sore hari. 

"Susu sapi murni kami pilihan karena harganya lebih murah dibandingkan harga susu kambing murni. Sedangkan indukan kambing dapat menghasilkan susu lebih maksimal."

Khusus pada indukan kambing, asupan pakan harus dijaga dengan benar. Pakan harus dalam kondisi segar agar susu yang dihasilkan tidak berbau. "Kami dapat memastikan bahwa susu kambing yang dihasilkan dari MZ Farm akan memiliki aroma dan rasa lebih nikmat karena pakan yang selalu dijaga." Ujar Muhammad Rifki.

Pemberian susu pada anak kambing di MZ Farm "Pemberian susu pada anak kambing di MZ Farm "
 

Sementara pada anak kambing yang telah berusia di atas dua bulan, biasanya mulai diberi ampas tahu dan ijoan (rumput, kulit jagung muda dan lainnya). 

"Jadi kami memastikan anak kambing yang telah dipisahkan dari induknya akan tetap mendapatkan asupan bergizi berupa susu sapi murni. Tanpa susu sapi murni dapat membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit."

Asupan yang tepat pada anak kambing dipastikan dapat membuat perumbuhan dan berkembang dengan sehat. 

Related News