• 16 June 2024

Pohon Durian, Warisan Investasi Masa Depan

"Pohon durian berkualitas dipastikan akan menghasilkan buah durian yang memiliki cita rasa tinggi, terlebih dengan seiring waktu pertumbuhannya. Tidak salah bila pohon durian dapat menjadi warisan investasi untuk masa depan karena nilainya dapat bertambah."

Jagadtani - Bagi sebagian orang, aroma buah durian dianggap mengganggu. Padahal 'King of Fruits' atau Raja Buah, Durian telah diakui dengan cita rasanya tidak ada yang tak tertandingi. Tersebar di wilayah Asia Tenggara, Durian pertama kali ditemukan pada abad ke 18 di Malaya oleh Murray.

Tidak hanya cita rasa, Durian juga memiliki kandungan yang terdiri dari vitamin, mineral, dan antioksidan. Dan buah durian juga dikenal sebagai sumber serat yang baik dan dapat membantu pencernaan. Dengan nilai ekonomis tinggi, tentu sangat menggiur untuk memulai budidaya durian.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu membutuhkan perhatian dan kesabaran. "Untuk budidaya durian membutuhkan proses yang cukup panjang, paling tidak membutuhkan waktu lima tahun hingga mendapatkan hasilnya. Setelah puasa lima tahun, buah durian dapat kita nikmati." ungkap Daniel Wijanarko - pemilik Tana Durian.

Perawatan memang sangat penting, namun hal yang paling utama adalah memastikan kualitas bibit pohon durian. Tanpa bibit pohon yang bagus, dipastikan kualitas buah durian tidak bagus. Istilahnya percuma menunggu lama hasil panen, padahal telah mengetahui kualitasnya kurang baik. 

Dengan masa panen yang baru dapat dirasakan setelah usia pohon lebih dari lima tahun, membuat pohon durian merupakan investasi bernilai tinggi. "Kalau ingin berinvestasi jangka pada pada sektor pertanian, pohon durian dapat menjadi pilihan. Dari setiap pohon dapat menghasilkan buah dengan jumlah puluhan butir, untuk nilainya tinggal disesuaikan pada jenis buah durian." ungkap Masline Nababan - Kampung Durian Joglo.

Usia pohon durian pun bisa bertahan puluhan tahun hingga ratusan tahun dan tetap dapat menghasilkan buah yang semakin nikmat seiring umur pohon tersebut. Pohon durian memang dapat berusia panjang, namun tentu harus memperhatikan kesehatan pohon agar tetap dapat menghasilkan. 

Untuk mendapatkan hasil yang berkelanjutan, sistem penanaman dapat dilakukan secara bergilir sehingga siklus panen dapat dilakukan sepanjang tahun.

 

Related News