• 16 June 2024

Cara Memilih Sapi Kurban Sesuai Syariat Islam

uploads/news/2024/05/memilih-sapi-kurban-yan-23046b4a5200b2b.jpg

"Cukup banyak penjual maupun peternak yang menawarkan hewan kurban untuk memenuhi permintaan menjelang perayaan hari raya Idul Adha, namun masih banyak yang belum paham dalam memilihnya. Ada syarat yang harus dipenuhi dalam memilih hewan kurban, termasuk sapi.

Jagadtani - Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang dapat dijadikan hewan kurban. Selain sapi, hewan kurban yang dapat dijadikan hewan kurban adalah Kerbau, Unta, Kambing dan Domba. Untuk memilih hewan kurban jenis sapi yang dapat digunakan harus memenuhi beberapa syarat, yakni:

Kesehatan Sapi kurban

Dengan banyaknya virus yang sempat menyerang pada dua tahun belakangan, memang cukup menyulitkan peternak untuk menjual sapi ternaknya. Khusus tahun ini, telah dipastikan sapi maupun hewan ternak yang dapat dijadikan hewan kurban bebas dari virus. Tentunya dapat membuat peternak lebih mudah menjual sapi peliharaannya.

Pada umumnya, hewan ternak dalam kondisi sehat akan terlihat pada cuping hidung yang basah, tetapi bukan karena disebabkan flu. Bagian bulu yang bersih dan sehat juga dapat dijadikan indikasi kesehatan hewan kurban. 

Kesehatan sapi sangat penting, hal ini karena salah satu syarat hewan kurban adalah memiliki kesehatan yang baik. Sapi yang sehat biasanya memiliki nafsu makan yang bagus, sedangkan tanda sapi sakit seperti demam, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare dan lemas.

Kesehatan juga berdasarkan pada kondisi tubuh sapi yang menjadi syarat sah hewan kurban sehingga tidak boleh ada kecacatan pada hewan tersebut. Apabila ada sapi yang buta atau tidak dapat melihat, maka hewan yang mengalami cacat maka tidak bisa dijadikan hewan kurban tetapi hanya untuk hewan potong saja.

Usia Sapi Kurban

Usia hewan yang dikurbankan penting, tetapi setiap hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. Untuk sapi atau kerbau, maka kriteria usia yang dapat dijadikan hewan harus memasuki usia dua tahun. Berbeda dengan domba atau kambing yang dapat menjadi hewan kurban setelah berusia satu tahun.

Untuk mempermudah dalam mengetahui usia hewan kurban dapat dengan melihat catatan kelahiran dari peternak. Tetapi biasanya dapat dengan melihat gigi hewan, jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Pakan Sapi Harus Sesuai

Maksudnya, sapi untuk kurban bukan hewan yang telah terkurung lama dan jarang mendapatkan suplai pakan sehingga memakan kotorannya sendiri. Begitu pula, pastikan lingkungan tempat hewan ternak jauh dari tumpukan sampah karena sapi yang memakan sampah dapat menimbulkan masalah atau ada zat berbahaya pada tubuhnya. 

Dengan memilih sapi kurban yang tepat, tentu dapat memaksimalkan bersedekah karena dalam berkurban dianjurkan memilih hewan dalam kondisi sehat dan terbaik. 

 

Related News