• 27 July 2024

Samson, Kambing Cross Boer Jagoan Zyan Farm

"Memiliki kambing jagoan atau ikon seperti hal yang wajib demi meningkatkan nama dari peternakan. Biasanya tidak hanya ukuran tetapi juga trah unggulan sebagai tolak ukurnya, seperti Samson - kambing jenis Cross Boer milik Zyan Farm."

Jagadtani - Zyan Farm milik M. Syukur a.k.a Ayah Bosex, baru saja meminang kambing jenis Cross Boer dari Lumajang - Jawa Timur. Kambing jantan berusia sekitar 3 tahun yang diberi nama Samson akan menjadi ikon terbaru peternakan tingkat di daerah Ciputat.

Sebelum kehadiran Samson, Zyan Farm sebenarnya telah memiliki jagoan yang telah terkenal dengan nama Gajahmada. Namun, Gajahmada yang juga berjenis Cross Boer akan menjadi kambing kurban pada perayaan Idul Adha mendatang. 

Hal tersebut membuat Ayah Bosex memilih Samson sebagai ikon di kandang kambing Zyan Farm. Meminang dari peternak asal Lumajang, hanya kebetulan karena mendapatkan tawaran dari rekan yang mengetahui dirinya sangat tertarik pada kambing jenis Cross Boer.

Samson kambing jenis Cross Boer milik Zyan Farm "Samson kambing jenis Cross Boer milik Zyan Farm "

"Awalnya saya dikirimi video tetapi belum sempat dilihat malah langsung ditelp. Rekan yang menghubungi langsung menawarkan kambing jenis Cross Boer karena saya memang tertarik dengan jenis ini. Tidak butuh lama, langsung sepakat untuk dikirim ke kandang Zyan Farm." Ungkap Ayah Bosex.

Bagi Ayah Bosex, Cross Boer memiliki keunggulan pada postur tubuh dengan dapat menghasilkan daging lebih banyak. " Kambing jenis Cross Boer merupakan hasil perkawinan silang antara jenis Boer dengan jenis lainnya sehingga memiliki ukuran lebih besar dan fisik yang kuat."

Samson yang belum genap satu bulan di kandang kambing Zyan Farm, akhirnya mulai menggantikan kiprah Gajahmada sebagai ikon sebelumnya. 

Rencananya, meningkatkan kualitas dari Samson akan diberikan perawatan karena dasar dari jenis Cross Boer sangat menjanjikan. "Perawatan yang dilakukan akan sama saja dengan kambing lainnya di Zyan Farm karena tidak yang spesial. Saya percaya dengan memberikan kasih sayang dan perawatan yang baik maka mendapatkan timbal balik yang cukup sehingga kualitas kambing meningkat.' pungkasnya.

Samson ikon terbaru bagi Zyan Farm "Samson ikon terbaru bagi Zyan Farm "

Perawatan yang akan diberikan melalui pemberian pakan terbaik, memandikan, merawat kuku hingga tanduk agar membuat Samson lebih nyaman dalam tumbuh kembang.

Kualitas Samson memang terlihat lebih unggul dengan usia yang lebih mudah sehingga sangat wajar Samson akan menjadi ikon terbaru bagi Zyan Farm.

Related News