• 15 June 2024

DXI 2025, Ajang Promosi Wisata Petualangan Indonesia

DXI 2024 sebagai ajang promosi wisata petualangan yang ada di Indonesia melalui olahraga ekstrem telah resmi dibuka mulai 30 Mei sampai 2 Juni 2024 ini diselenggarakan di Hall A - B, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. 

Event pameran olahraga ekstrim, diving, olahraga air, dan outdoor adventure terbesar di Asia, Deep and Extreme Indonesia 2024 (DXI 2024), telah resmi dibuka oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Vinsensius Jemadu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Mengusung tema Edge of Tomorrow: Dive Into the Depth of Extreme Sports, pameran DXI 2024 ingin memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Sebab, tujuan DXI 2024 tidak hanya memperkenalkan dan memperluas industri olahraga ekstrim lainnya, namun juga membuka pasar baru untuk memperkuat industri wisata di Indonesia.

DXI 2024 ajang promosi wisata petualangan "DXI 2024 ajang promosi wisata petualangan "

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Vinsensius Jemadu mengatakan, olahraga ekstrim memiliki hubungan yang erat dengan industri pariwisata di Indonesia. Sebagai negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia menawarkan beragam tempat yang ideal untuk praktek olahraga ekstrim, seperti surfing, diving dan kegiatan olahraga ekstrim lainnya. 

“Alhamdulillah hari ini kita membuka kembali DXI. Kita bersyukur bahwa event ini bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman bahkan juga di daerah untuk bisa mengembangkan wisata-wisata selam, surfing, fishing yang mempunyai potensi luar biasa," ucapnya dalam acara opening ceremony DXI 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (30/5).

Vinsensius berharap, adanya pameran DXI bisa menjadi ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia dalam hal olahraga ekstrim. Sebab, pameran DXI ini juga sejalan dengan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong wisatawan bukan hanya dari segi kuantitas tapi juga kualitasnya. Menurutnya, kegiatan olahraga ekstrim seperti surfing adalah masuk dalam kategori minat khusus yang berpotensi untuk menyumbang pada perekonomian negara dan lokal lewat pariwisata. 

"Kalau kita lihat dari perspektif pariwisata kegiatan yang dirangkaikan dalam pameran DXI ini masuk dalam kategori minat khusus. Sekarang paradigmanya kan sekarang sudah berubah tidak hanya quantity tapi quality. Jadi yang kita kejar adalah spending dan length of stay daripada produk wisata kita. Diving surfing dan lain-lain itu mereka akan tinggal lebih lama," jelasnya.

Presiden Direktur Dyandra Event Solutions, Michael Bayu Sumarijanto mengatakan, pameran DXI 2024 dapat memberikan dukungan yang signifikan terhadap pariwisata di Indonesia. Melalui DXI 2024, Indonesia dapat memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang dapat menjadi tempat untuk melaksanakan olahraga ekstrim, seperti surfing, paragliding, mountain biking, dan lain sebagainya. “DXI 2024 bertujuan untuk menjadi platform promosi yang efektif bagi industri olahraga air, ekstrim dan outdoor lifestyle, serta menjadi wadah untuk memperkenalkan potensi wisata alam Indonesia yang kaya dan menantang,” ucapnya.

Bayu berharap penyelenggaraan DXI tahun ini juga bisa menjadi wadah yang tepat untuk seluruh stakeholder bertemu dan bertukar informasi serta ide terkait olahraga ekstrim di Indonesia. Sehingga bisa menghasilkan gagasan menarik untuk meningkatkan minat olahraga ekstrim di Indonesia serta berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan baik luar maupun dalam negeri. 

Bayu menambahkan, untuk pameran DXI tahun ini diikuti oleh lebih dari 150 exhibitor yang terdiri dari berbagai macam komunitas hingga industri pendukung berbagai jenis olahraga ekstrim. Pada tahun ini, DXI menargetkan kehadiran lebih dari 30.000 pengunjung dan transaksi sebesar 12 miliar rupiah selama empat hari penyelenggaraan pameran.

“Kami sangat berharap, melalui DXI 2024, dapat tercipta sinergi yang kuat antara para pelaku industri, komunitas, dan pemerintah dalam memajukan sektor olahraga ekstrem dan pariwisata Indonesia. Harapan kami, DXI 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mengembangkan industri olahraga air dan ekstrim di Indonesia,” jelas Bayu.

Project Manager DXI 2024, Aquila Sumampouw mengatakan, berbagai kegiatan menarik telah disiapkan untuk memeriahkan pameran DXI 2024. Selain menyediakan pameran untuk kebutuhan penunjang industri terkait, akan ada acara talk show dengan para tokoh hebat di bidangnya seperti Bucek, Ramon Y Tungka, hingga Arbain Rambey. Pengunjung juga dapat mencoba berbagai demonstrasi olahraga air dan ekstrim seperti Surf-skate Indoor Park yang pertama kali ada di Indonesia mulai dari DXI 2023 lalu. 

Tak hanya itu, DXI juga akan menghadirkan Scuba Experience di Tank Besar, Test Ride Motor Adventure hingga Mermaid Show selama pameran berlangsung. Sebagai apresiasi, DXI juga menghadirkan program pemberian penghargaan kepada tokoh dan komunitas yang menginspirasi melalui DXI Award 2024, DXI memberi penghargaan untuk kategori Achievement kepada sosok berprestasi dan menginspirasi di industri olahraga ekstrim. Dari kategori industri olahraga Freedive penghargaan diberikan kepada Nikita Fima Atriyu yang berhasil memenangkan rekor nasional menyelam 71 meter dibawah laut dalam ajang AIDA Depth World Championship Free Diving 2023. Sementara penghargaan untuk komunitas diberikan kepada Wanadri (Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung) dari industri olahraga Kayaking yang memiliki prestasi dalam Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara (DJN) pengelilingan Flores sejauh 1.059 km di tahun 2023.

DXI 2024 juga telah mengadakan Community Camp sebagai pre-event pada awal Mei ini, yang diikuti oleh lebih dari 250 peserta dari berbagai komunitas. Community Camp diadakan sebagai ajang untuk berbagi pengalaman dan mempererat persahabatan antar komunitas olahraga air dan ekstrem. “DXI 2024 diselenggarakan untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan beragam bagi pengunjung dan lebih memperluas serta merangkul jaringan komunitas dari berbagai jenis olahraga ekstrim, bukan hanya olahraga air tapi juga darat,” jelas Aquila.

Tidak lupa, DXI 2024 juga mengadakan lomba fotografi yang bertema adventure serta menyiapkan grand prize menarik untuk pengunjung yang datang. Pembelian tiket pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2024 dapat melalui website www.ticket.dyandraeventsolutions.com atau bisa langsung datang ke loket tiket yang berada di Hall A JCC Senayan. Tiket dijual dengan harga Rp50.000 untuk Daily Pass dan Rp150.000 bagi yang ingin membeli 4 Days Pass.

Related News