• 20 July 2024

Harga Daging Ayam Diperkirakan Naik, Sesuai Kenaikan DOC

uploads/news/2024/06/harga-daging-ayam-diperkirakan-39092ee51a5fc26.jpg

"Harga DOC atau Day Old Chicken mengalami kenaikan harga sejak dua minggu lalu. Tentu dapat membuat harga daging ayam maupun telur ayam ikut melonjak tinggi."

Jagadtani - Dari hasil survey tim Jagadtani ke pasar Gembrong - Jakarta Timur, harga DOC (Day Old Chicken) mengalami kenaikan harga ditingkat pengecer. Tentu saja kenaikan tersebut dapat menyebabkan harga daging ayam dan juga telur ayam ikut semakin naik. 

Hal ini mengingat bahwa harga daging ayam boiler atau potong telah menembus angka Rp45.000 per kilogram di beberapa pasar. Harga tersebut mulai Merangkak naik sejak hari Raya Idul Fitri lalu.

Dari hasil pantuan harga DOC di pasar Gembrong, berkisar dari harga Rp900 ribu hingga Rp1,2 Juta. Harga tersebut untuk pembelian satu boks yang berisi 102 ekor ayam. 

Namun harga tersebut sangat tergantung dengan kualitas dari DOC. Setiap perusahaan penyedia DOC biasanya mengeluarkan beberapa jenis sesuai dengan kualitasnya. 

Dengan kenaikan harga anak ayam berusia satu hari atau DOC, diperkirakan harga daging ayam akan meningkat. Begitu pula dengan harga telur ayam ras yang saat ini berada di angka Rp 29 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Harga daging ayam dan telur ayam ras, juga sangat bergantung pada harga pakan ayam yang terkadang dapat melonjak.

 

Related News