• 8 September 2024

Harga Hewan Kurban Naik, Pasar Hewan Jonggol Tetap Murah

Menjelang Hari Raya Idul Adha memang terdapat kenaikan harga hewan kurban memang ada tetapi tidak ssignifikan. Tetapi dapat dipastikan harganya sangat bersaing dan kemungkinan akan lebih murah."

Jagadtani - Perayaan Idul Adha yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban memang tinggal hitungan hari. Tentunya membuat harga hewan kurban, seperti Sapi, kerbau, kambing dan domba mulai Merangkak naik.

Untuk mengetahui kenaikan harga hewan kurban tersebut, tim Jagadtani mengunjungi pasar Hewan Jonggol - Bogor. Pasar ini merupakan pasar hewan ternak terbesar yang dikelola oleh swasta, tetapi tetap didampingi dinas kesehatan untuk memastikan kesehatan seluruh hewan yang dijual.

Sapi Madura di pasar hewan Jonggol "Sapi Madura di pasar hewan Jonggol "

Jenis sapi yang tersedia di pasar hewan Jonggol, terdiri dari sapi PO, Simental, Pegon, Limosin, Bali, Madura dan NTT.

Informasi harga hewan ternak, tim Jagadtani mendapatkan dari Marsjal sebagai pengelola pasar hewan Jonggol. "Kenaikan memang terjadi tetapi tidak signifikan. Rentan harga kenaikan berkisar mulai dari lima ratus ribu." Ujar Marsjal, kamis (06/06).

Marsjal sebagai pengelola pasar hewan Jonggol "Marsjal sebagai pengelola pasar hewan Jonggol "

Kenaikan harga hewan kurban menjelang Idul Adha memang ada, tetapi dapat dipastikan harga yang ditawarkan oleh pedagang akan lebih murah. Hal ini terlihat dari banyaknya pedagang hewan kurban musiman tetap membeli dari pasar hewan Jonggol.

Para pedagang hewan ternak untuk kurban di pasar hewan Jonggol berasal dari berbagai daerah, seperti sekitar Jonggol, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera. 

Domba di pasar hewan Jonggol "Domba di pasar hewan Jonggol "

Salah satu pedagang sapi yang berasal dari Madura - Jawa Timur,  yakni Mustakim. Pria asal Madura yang membawa hasil ternak pribadi dan kerabat sebanyak 24 ekor. 

Mustakim mengakui datang ke Pasar Hewan Jonggol untuk menjual seluruh sapi - sapi jenis Madura. "Harga mulai dari Rp16,5 juta hingga ada yang Rp24 jutaan. Harga ini mengalami kenaikan karena mau Idul Adha. Tapi harga tersebut masih dapat ditawar, pokoknya tergantung kesepakatan saja." Ungkapnya.

Kerbau hewan ternak yang dijual di Pasar Hewan Jonggol "Kerbau hewan ternak yang dijual di Pasar Hewan Jonggol "

Lonjakan penjualan untuk menjelang Idul Adha memang masih belum terlihat. 'Biasanya mendekati perayaan Idul Adha akan meningkat. Terlebih harga yang ditawarkan pedagang disini relatif lebih murah." Pungkas Marsjal pada tim Jagadtani.

Sebagai tambahan informasi, di pasar hewan Jonggol juga terdapat anak hewan ternak sebagai calon hewan kurban. Pilihan jenis juga beragam sehingga Sahabat Tani dapat memilih sesuai selera, kebutuhan dan juga budget

Related News