• 18 July 2024

Modal Dari Ngojek, Kini Sukses Bisnis Ikan Koi

"Awalnya hanya ingin memelihara, namun karena tetangga banyak yang tertarik dengan membeli. Akhirnya memutuskan untuk berbisnis ikan koi dari hasil ojek online."

Jagadtani - Di usia yang tergolong sangat muda, Wagianto Affreza telah sukses mendirikan usaha Ikan Koi Murah. Bahkan kini telah memiliki banyak Investasi yang menunjang bisnisnya. 

Namun sebelum merasakan keberhasilan mendirikan Ikan Koi Murah di daerah Pengasinan, Sawangan - Depok ini, telah banyak tantangan yang dirasakan oleh pria berusia belasan tahun ini. 

Ikan Koi di ikan koi murah"Ikan Koi di ikan koi murah"

"Awal saya tertarik menekuni bisnis Ikan Koi karena keadaan. Ketika pandemi Covid-19, sekolah banyak dilakukan dari rumah sehingga saya mencari hobi agar tidak jenuh. Dengan modal seadanya, saya membeli bibit ikan Koi yang ternyata justru dibeli oleh para tetangga. Hal tersebut memicu saya untuk mencari modal lebih besar dengan narik ojek online." Ungkap Pria yang dipanggil Rezza ini.

Setiap hasil dari mengojek dan berjualan ikan koi, Rezza mengumpulkan untuk modal berbisnisnya. Memanfaatkan masa pandemi yang banyak orang ingin menyalurkan waktu luang, usaha berbisnis ikan koi berkembang dengan cepat.

Wagianto Affreza pemilik Ikan Koi Murah "Wagianto Affreza pemilik Ikan Koi Murah "

Namun sebelum berhasil berbisnis dan beternak ikan koi, Rezza pernah mengalami jatuh bangun. "Pernah atap kolam roboh karena angin besar dan juga kolam permanen berbahan beton pecah karena gempa bumi. Hal tersebut yang membuat saya menghindari kolam permanen. Dengan kolam semi permanen memudahkan untuk mengubah posisi." Tutur Rezza pada tim Jagadtani.

Keberhasilan berbisnis ikan koi, Rezza mulai membesarkan kolamnya dengan berpindah ke lokasi yang tidak jauh. "Hasil menabung dari bisnis Ikan Koi Murah, saya dapat membeli tanah dan membangun rumah sekaligus beberapa kolam. Saya memang berkonsentrasi untuk membesarkan bisnis ini dengan membeli aset yang berguna." Pungkasnya.

Ikan Koi Murah menggunakan kolam terpal"Ikan Koi Murah menggunakan kolam terpal"

Kini Wagianto Affreza telah memiliki enam orang rekan yang membantunya. Tujuan dari banyaknya orang yang membantu agar dapat mengatasi seluruh ikan koi selama 24 jam. 

"Awal pindah di daerah ini, saya merasa banyak masalah. Bahkan ada yang iseng mengambil mesin air hingga memutus aliran listrik. Hal tersebut membuat saya rugi karena banyak ikan yang mati pada sembilan aquarium. Jadi agar lebih tenang dibikin dua shift untuk menjaga ikan - ikan ini. Ungkap Rezza.

Wagianto Affreza memberikan pakan pada ikan koi "Wagianto Affreza memberikan pakan pada ikan koi "

Kini bisnis Ikan Koi Murah telah berjalan dengan mengandalkan kiriman dari peternak asal Blitar dan Bogor. Rezza juga kerap memberikan indukan betina berkualitas pada peternak Ikan Koi agar mendapatkan hasil lebih berkualitas. 

"Tujuan memberikan indukan betina ikan Koi adalah agar kualitas anakan ikan koi lebih berkualitas. Untuk saya, terkadang indukan betina yang sudah gendong telur dapat merusak air di kolam sehingga lebih baik diternak. Nanti hasil anakannya akan saya beli kembali untuk dikembangkan di Ikan Koi Murah.' tutup Rezza.

 

Related News