• 8 September 2024

Julakan Fish Farm, Sediakan Bibit Dan Konsultasi Peternakan Ikan Konsumsi

"Memanfaatkan ilmu dari hasil menempuh pendidikan di bidang perikanan, pengembangan budidaya ikan konsumsi berhasil dikembangkan untuk memenuhi pasar dan juga menjadi konsultan."

Jagadtani - Permintaan ikan air tawar konsumsi yang cukup besar, membuat pria lulusan fakultas perikanan di University Brawijaya - Malang mulai mendirikan Julakan Fish Farm. 

Awal dari berdirinya Julakan Fish Farm memang berkonsentrasi untuk memenuhi permintaan ikan air tawar konsumsi, khususnya ikan lele. 

Muhammad Gandara Ichsan Nugraha pemilik Julakan Fish Farm bercerita bahwa dirinya memulai usaha peternakan Ikan dimulai setelah berhenti kerja dari dunia perbankan. 

Kolam ikan di Julakan Fish Farm "Kolam ikan di Julakan Fish Farm "

Tahun 2017, dengan nekat membuat tiga kolam yang ternyata permintaannya sangat besar. "Dulu memang pemasarannya dari hasil panen hanya di sekitar rumah yang berada di Jatiasih - Bekasi. Seiring waktu, permintaan semakin besar hingga akhirnya harus mencari dari peternak di sekitar Jabodetabek." Ungkap Gandara. 

Dengan permintaan yang semakin tinggi, akhirnya Muhammad Gandara Ichsan Nugraha memutuskan untuk mendirikan badan usaha bernama PT Juragan Eternak Indonesia. "Badan usaha ini untuk memenuhi permintaan dengan beberapa produk yang outputnya yang harapannya dapat kami serap. Output tersebut berupa ikan air tawar maupun ikan dari hasil budidaya lainnya.'

Muhammad Gandara Ichsan Nugraha pemilik Julakan Fish Farm "Muhammad Gandara Ichsan Nugraha pemilik Julakan Fish Farm "

Tujuannya berdirinya Julakan Fish Farm ini dapat membantu mentoring maupun konsultan bagi para peternak hingga mengetahui nilai produksi mulai dari modal hingga mengatasi permasalahan. 

Dengan dukungan Muhammad Gandara Ichsan Nugraha bersama Julakan Fish Farm, diharapkan dapat membuat perikanan di Indonesia dapat lebih modern, lebih maju dan tentunya kualitas ikan lele makin meningkat.

Selain menjadi konsultan dan menyediakan bibit ikan air tawar, Julakan Fish Farm juga membuka kesempatan bagi sektor pendidikan untuk melaksana kerja lapangan atau magang. 

"Dengan melakukan praktek secara langsung, para pelajar maupun mahasiswa yang magang mendapatkan pengalaman untuk melanjutkan ke jenajang selanjutnya." Pungkas Gandara pada tim Jagadtani.

Kolam bio flok ikan Lele di Julakan Fish Farm "Kolam bio flok ikan Lele di Julakan Fish Farm "

Melalui pendampingan oleh Julakan Fish Farm, diharapkan dapat mengurangi biaya pengeluaran selama merawat atau melakukan pembesaran pada ikan lele. "Seperti diketahui, biaya perawatan ilkan Lele cukup besar dengan nilai jual yang stabil sehingga membutuhkan perencanaan. Paling tidak kita dapat meminimalisir cost agar mendapatkan keuntungan." Tutupnya.

Julakan Fish Farm menerapkan metode biofolk untuk beternak ikan lele dengan tujuan membuat kualitas air dapat terjaga. 

Related News