• 19 July 2024

Resep Rahasia Perawatan Ayam Setelah Berlaga

uploads/news/2024/06/resep-rahasia-perawatan-ayam-39635b7f0f100c6.jpg

"Ayam setelah ikut kontes harus menjalani perawatan agar kondisi badannya tetap sehat dan makin kuat. Tanpa perawatan dengan resep khusus dapat dipastikan kondisi ayam kurang bagus."

Jagadtani - Ayam kontes tidak hanya menjalani perawatan ketika akan berlaga, tetapi juga harus dirawat setelah bertarung. Dengan kata lain, tubuh ayam kontes membutuhkan perawatan yang tepat sebelum maupun setelah berlaga. Tujuan utama agar membuat ayam lebih cepat bugar dan sehat kembali setelah menjalani pertarungan. 

Namun menurut Arifudin - penghobi ayam kontes, ayam yang akan menjalani perawatan setelah kontes harus ayam dengan karakter bagus dan memiliki potensi kembali menjadi juara. "Ayam yang telah kalah dan tidak memiliki karakter bagus dalam bertarung maka lebih baik tidak dirawat. Istilahnya percuma merawat ayam yang tidak memiliki kemampuan bertarung karena hanya membuang waktu saja."

Untuk perawatan ayam yang telah berlaga, ada baiknya dilakukan sesaat setelah menjalani kontes. Paling tidak menjelang waktu istirahatnya pada sore hari. Perawatan ini, cukup dilakukan satu kali saja.

Resep rahasia untuk merawat ayam setelah kontes, sebenarnya hanya campuran rempah - rempah dan bumbu dapur. "Resep ini biasa digunakan oleh penghobi ayam kontes di daerah saya, untuk bahan resep adalah jahe, merica hitam dan cabe. untuk takarannya dapat disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan dirawat. 

Untuk merawat seekor ayam kontes membutuhkan jahe sebanyak enam siung, merica hitam 30 butir dan cabe rawit sekitar 1/4 kilogram. Seluruh bahan resep rahasia ini dapat dihaluskan dengan ditumbuk atau diuleg. "Memang untuk menghaluskan bumbu dapat mengunakan mesin blender, tetapi tingkat kehalusannya bisa berlebihan sehingga lebih mudah menggunakan alan uleg." ungkap Arifudin.

Setelah seluruh bahan dihaluskan, kemudian dicampurkan air panas dan didiamkan beberapa saat. Setelah cukup dingin atau hangat maka ramuan tersebut dapat diaduk hingga merata. "Jika sudah tidak terlalu panas, maka ramuan tersebut dapat dibalurkan pada seluruh tubuh ayam. Ketika membalurkan ramuan rahasia ayam kontes, barengi dengan memijat seluruh tubuh. Bila perlu ulangi langkah agar seluruh ramuan dapat hingga merata ke seluruh kulit ayam." ujar pria asal Bima - Nusa Tenggara Barat.

Setelah melakukan pemijatan sekaligus membaluri seluruh tubuh ayam kontes, ayam baru dapat dimasukan pada kandang dalam kondisi setengah kering. Untuk membersihkan ramuan rahasia khusus ayam kontes dapat dilakukan setelah tiga hari dengan cara memandikan. Sahabat Tani dapat menggunakan shampo rambut untuk membersihkan bulu dari sisa ramuan yang menempel.

"Selama menjalani perawatan, ayam tidak perlu dikeluarkan dari kandang dan hanya cukup diberi makan maupun minum saja. Butuh waktu selama tiga hari agar seluruh ramuan meresap pada tubuh ayam kontes. Selanjutnya ayam dapat dimandikan dengan shampo, agar seluruh tubuh ayam bersih dari ramuan."

Dengan perawatan yang tepat, dipastikan kondisi ayam kontes akan kembali pulih dan segar kembali. Paling tidak membutuhkan waktu satu bulan untuk ayam beristirahat dan menjalani program latihan maupun perawatan sebelum berlaga kembali.

Related News