• 19 July 2024

Pesona Bunga Bangkai Mekar Sempurna Di TWA Sibolangit

uploads/news/2024/06/pesona-bunga-bangkai-mekar-94713a8c8d57e49.jpg

Rasa khawatir akan gagal mekar atau tumbuh tidak sempurna, Bunga Bangkai Raksasa (Amorphophallus titanum) yang berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit telah mekar dengan sempurna, pada Rabu (19/6), sekitar pukul 17.00 WIB.

Bunga ini terpantau mekar sejak Selasa (11/6). Sempat timbul rasa was-was petugas Resort CA./TWA. Sibolangit mengingat tujuh hari setelah terpantau akan mekar, si bunga yang cantik dan unik ini tak kunjung mekar juga, sehingga mungkin gagal mekar.

Namun keresahan itu akhirnya terjawab dengan terbukanya kelopak bunga dan aroma bau bangkai yang keluar dari bunga, tepat pada Rabu (19/6). 

Dari catatan petugas, tinggi bunga bangkai ini mencapai 125 cm. Dan sebelumnya pada bulan Januari 2023 juga pernah mekar di tempat yang sama. Bunga bangkai menjadi maskot kawasan TWA. Sibolangit disamping burung Rangkong jenis Julang Emas yang juga kerap muncul di kawasan, yang khusus diperuntukkan sebagai kawasan wisata edukasi konservasi alam.

Bunga bangkai merupakan tumbuhan dari family talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia.

Bunga ini dikenal dengan berbagai sebutan, seperti : Titan Arum, Kibut dan Suweg. Disebut sebagai bunga bangkai karena mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. Hal ini bertujuan untuk mengundang kembang dan lalat untuk menyerbuki bunganya. Dengan mekarnya bunga bangkai di kawasan TWA. Sibolangit, menjadikan pesona tersendiri bagi kawasan sekaligus sebagai media promosi wisata alam

Related News