• 19 July 2024

BBKSDA Jatim Survey Lokasi Alternatif Pelepasan Lutung Betung

Lokasi pelepasanliar menjadi bagian terpenting dalam konservasi hewan, termasuk Lutung budeng (Trachypithecus auratus). Untuk itu, Resort Konservasi Wilayah 18 – BBKSDA Jatim Bersama Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa - The Aspinal Foundation Indonesia Program, melaksanakan survei penentuan lokasi pelepasliaran hewan primata.

Kegiatan untuk mencari lokasi alternatif pelepasliaran Lutung budeng (Trachypithecus auratus) dilakukan pada 23-30 Juni 2024 di Cagar Alam Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur.

Sebagai informasi, Pulau Sempu merupakan cagar alam yang letaknya berada di Malang selatan. Sebagai Cagar Alam, Pulau Sempu tidak dapat bebas dikunjungi kecuali untuk pendidikan maupun penelitian.

BBKSDA Jatim Lakukan Survei Lokasi Pelepasliaran Lutung"BBKSDA Jatim Lakukan Survei Lokasi Pelepasliaran Lutung"

Selain itu, kegiatan kolaboratif ini juga dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini, jumlah dan sebaran lokal lutung, potensi pakan, potensi satwa predator yang ada, serta kondisi gangguan keamanan oleh manusia di area survei.

Tim juga melakukan survei vegetasi dengan hasil profil vegetasi emergen dan kanopi strata yang cocok untuk strata penggunaan ruang Lutung budeng di Cagar Alam Pulau Sempu. Selama survei, tim menjumpai Lutung budeng dengan frekuensi tinggi di Blok Waru-waru.

Berdasarkan hasil survei lutung dan vegetasi didapatkan kesimpulan bahwa Cagar Alam Pulau Sempu masih memungkinkan menjadi areal pelepasanliaran lutung. Karena masih ada ruang kosong yang netral untuk areal pelepasliaran tanpa mengganggu kelompok lutung yang telah ada lebih dahulu.

Related News