• 19 July 2024

Murai Batu Mabung Tuntas, Ini Langkah Tercepatnya

uploads/news/2024/07/langkah-cepat-murai-batu-542788c2c11c250.jpg

"Musim burung Murai Batu telah berlangsung menjelang pertengahan tahun. Banyak penghobi burung berupaya menerapkan cara agar jagoannya mabung secara tuntas."

Jagadtani - Masa waktu molting atau mabung merupakan siklus alami pergantian bulu yang terjadi setiap tahun pada burung Murai Batu. Beberapa burung kicau juga mengalami mabung.

Dengan pergantian bulu pada tubuh burung dipastikan perkembangan akan kembali memiliki bulu yang lebih bagus. Burung yang gagal mabung dipastikan performanya akan menurun ketika berada di tiang gantangan.

"Mabung merupakan siklus alami setiap burung, namun harus dipastikan murai batu mabung tuntas bukan adalah mabung." Ungkap Kuswanto pemilik Mas Bima BF dari Bekasi.

Untuk mempercepat proses mabung ada langkah yang bisa dilakukan oleh pemiliknya. Setiap kicau mania memiliki langkah berbeda tetapi beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Membuat Murai Batu dapat mabung tuntas yang harus diperhatikan adalah ketenangan dari burung tersebut. Terlebih burung yang fighter jadi harus di dalam kondisi tenang." Ujar kicau mania ini.

Agar burung Murai tenang, usahakan jauh dari burung sejenis sehingga bisa menjalani mabung dengan tuntas. Dengan melakukan full kerodong dapat menjadi solusi bagi mereka yang memiliki burung Murai Batu lebih dari satu ekor.

Selain ada langkah lain yang dapat dilakukan agar murai batu cepat mabung dengan tuntas, yakni dengan menerapkan 'nol setingan'. 

"Buat melakukan nol setingan, pastikan burung telah ngepoer total atau makan pur karena harus mengurangi ekstra flooding (EF). Bagi murai yang tidak terbiasa makan pur akan memiliki resiko kematian."

Untuk nol setingan, Murai Batu hanya diberikan pur saja, sehingga burung yang tidak terbiasa makan pur akan terkena dampaknya. Langkah nol setingan, biasanya hanya dilakukan sampai proses penumbuhan bulu berlangsung. 

Setelah bulu burung mulai tumbuh, pemberian ekstra fooding (EF) dapat mulai dilakukan. Untuk jenis dapat berupa jangkrik dan kroto. Jumlah pemberian dapat disesuaikan kebutuhan karena setiap murai batu memiliki kebutuhan yang berbeda.

Selain pemberian EF, ada baiknya memberikan minyak ikan sebagai suplemen tambahan. Kandungan pada minyak ikan dipercaya dapat membuat pertumbuhan bulu lebih bagus dan kuat.

Setiap murai batu memiliki waktu pertumbuhan yang berbeda - beda, tergantung pada panjang bulu dan juga kesehatan burung tersebut. Rentan waktu berkisar antara 2 - 3 bulan untuk satu masa merontokan hingga menumbuhkan bulu.

Hal yang harus diingat, setiap burung yang menjalani proses mabung harus terhindar dari sinar Matahari secara langsung. Kecuali proses penumbuhan bulu telah selesai dan dilanjutkan proses perawatan pasca mabung. 

Dan burung yang sedang mabung juga harus dijaga kebersihan kandang sehingga Sahabat Tani wajib membersihkan secara berkala.

Untuk proses perawatan burung Murai Batu pasca mabung, tim Jagadtani akan membahas pada artikel selanjutnya. 

Related News