• 18 July 2024

Orangutan Sumatera Jalanin Translokasi Ke SRO Jambi

uploads/news/2024/07/orangutan-sumatera-jalanin-translokasi-4165012573f59e5.jpg

Konservasi menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, terutama pada satwa liar yang dilindungi. Salah satu satwa liar yang menjadi perhatian mata dunia adalah orangutan.

Berbagai langkah dilakukan demi konservasi orangutan, termasuk memindahkan lokasi yang sesuai dengan habitatnya demi menghindari konflik.

Rehabilitasi kembali dilakukan pada enam individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii). Kali ini, keenam orangutan tersebut telah translokasikan dari Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO) Batu Mbelin Sibolangit, Sumatera Utara, ke Stasiun Reintroduksi Orangutan (SRO) Bukit Tiga Puluh Jambi, pada Kamis 27 Juni 2024 melalui jalan darat.

Sebelum di translokasi, sesuai dengan prosedur, Tim terlebih dahulu melakukan pembiusan terhadap orangutan untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya berupa pengecekan suhu tubuh dan penimbangan berat badan.

Usai dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dipastikan dalam kondisi sehat serta layak, kemudian keenam orangutan dimasukkan ke dalam kandang angkut, untuk selanjutnya meninggalkan Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan, Batu Mbelin Sibolangit, bergerak menuju ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tiga Puluh, Jambi.

Adapun keenam orangutan tersebut, adalah : Otan, jantan, 8 thn, Marleni, betina, 6 thn, Rakugaia, betina, 5 thn, Bob, jantan, 6 thn, Unip, betina, 5 thn dan Joded, jantan 11 thn. Turut mendampingi Kepala Resort Cagar Alam/Taman Wisata Alam (CA./TWA) Sibolangit, dan tenaga medis (1 orang dokter hewan dan 1 orang Keeper). Selama di perjalanan Tim terus melakukan pemantauan kondisi satwa dan memberikan makan serta minum.

Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya rombongan tiba di Polsek Marule Kabupaten Jabung Barat, Jambi, pada Jumat (28/6) sekitar pukul 21.30 Wib, dan melakukan pemindahan kandang ke dalam mobil angkut menuju Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tiga Puluh, dan tiba di lokasi di Desa Danau Alo, jam 03.10 Wib, pada Sabtu (29/6).

Pemindahan keenam individu orangutan ke kandang besar disaksikan petugas Balai KSDA Jambi, petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Marule, petugas SOCP dan petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit.

 

Related News