• 18 July 2024

Menjemput Impian Berkat Budidaya Bebek Hibrida

"Peluang budidaya bebek hibrida masih sangat menjanjikan, terlebih permintaan daging bebek dari berbagai rumah makan makin meningkat. Harga jual relatif stabil memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang melakoni bisnis budidaya bebek."

Jagadtani - Siapa yang menyangka, dukungan dari sang paman untuk dapat tetap meneruskan sekolah ke perguruan tinggi, justru mengantarkan dirinya menjadi peternak bebek hibrida sejak 2017 lalu. 

Awalnya Hendi, pemuda yang kini berusia 25 tahun ingin melanjutkan pendidikan ke jenajang selanjutnya. Sang paman memberikan modal untuk usaha agar dapat dimanfaatkan keuntungannya sebagai modal biaya kuliah. 

Keuletan dan tekad besar untuk mendapatkan modal biaya kuliah berubah hasil hingga saat ini berhasil membesarkan kapasitas kandang bebek hibrida miliknya sendiri. 

Hendi dari peternakan Sintesa Duck 77 "Hendi dari peternakan Sintesa Duck 77 "

"Dulu dibantu paman untuk modal kuliah dengan menjalani bisnis budidaya bebek hibrida. Mulai dari mengirim pesanan bebek dengan motor ke pelanggan hingga belajar cara merawat bebek dari D.O.D hingga panen." Ujar Hendi pada tim Jagadtani.

Dari hasil usaha dan bimbingan paman maupun pihak lainnya, Hendi memutuskan untuk budidaya bebek hibrida. "Beternak bebek membutuhkan waktu sehingga konsentrasi saya lebih baik digunakan membesarkan usaha ini. Terlebih permintaan bebek setiap harinya dari restoran makin besar, potensi ternak bebek sangat menjanjikan."

Kini secara pribadi, Hendi telah memiliki ternak bebek sebanyak 12 ribu ekor. Selain itu, dirinya juga membantu pemasaran Sintesa Duck 77 dengan jumlah bebek mencapai puluhan ribu ekor. 

"Selain mengurus milik pribadi, saya juga membantu mengurus milik mitra dan sekaligus untuk pemasarannya. Saya juga dibantu oleh masyarakat sekitar sehingga secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan." Ungkapnya.

Bebek Hibrida di Sintesa Duck 77 "Bebek Hibrida di Sintesa Duck 77 "

Untuk sistem beternak bebek hibrida, Hendi menerapkan cara yang hegienis melalui kandang kering. Sedangkan untuk pemberian pakan, dirinya mengakui lebih produktif dengan pakan stand by.

"Kebersihan kandang dengan mengadopsi metode kandang kering menjadi kunci utama dalam menjaga pertumbuhan bebek. Agar dapat  tetap kering maka pemberian air mengalir hanya untuk memenuhi kebutuhan minumnya saja sehingga kandang tetap kering." Pungkasnya.

Dengan keberhasilannya beternak bebek hibrida, Hendi dipastikan siap menjemput impiannya melalui menyediakan bisnis turunan dari bebek 

 

Related News