• 19 July 2024

Resep Rahasia Bebek Hibrida Agar Cepat Panen

"Dalam beternak bebek hibrida, tentu banyak cara yang dilakukan peternak agar mendapatkan hasil lebih maksimal dengan waktu pemeliharaan lebih singkat. Hal ini dapat dengan jenis pakan yang diberikan agar pertumbuhan bebek hibrida meningkat."

Jagadtani - Permintaan daging bebek untuk dikonsumsi semakin meningkat, seiringnya berkembangnya rumah makan. Terlebih banyak olahan dari berbagai daerah dengan bahan dasar bebek. 

Meningkatnya permintaan, tentu harus membuat peternak bebek hibrida mencoba melakukan langkah terbaik agar menghasilkan daging yang disesuaikan kebutuhan kuliner.

"Setiap hari kami harus memenuhi permintaan hingga 900 ekor, tentu hari diimbangi dengan kualitas sesuai pesanan. Dari hasil berusaha sejak 2017, Alhamdulillah sudah bisa memenuhi kebutuhan pesanan dari konsumen." Ungkap Hendi dari peternakan Sintesa Duck 77.

Hendi dari peternakan Sintesa Duck 77 "Hendi dari peternakan Sintesa Duck 77 "

Untuk dapat memenuhi pesanan daging bebek, Hendi menerapkan pemberian pakan berupa pur dan tanpa campuran atau pakan alternatif. Perawatan dalam pemberian pakan menjadi kunci utama bagi Hendi.

"Pemberian pur untuk pakan bebek hibrida lebih menguntungkan karena dapat menghindari dari komplen dari konsumen. Pakan alternatif atau campuran beresiko menimbulkan penyakit yang mungkin terbawa dari pakan tersebut. Sistem pemberian pur menggunakan metode standby sehingga tidak ada bebek yang kelaparan."

Pakan pur murni tanpa campuran dapat meningkatkan kualitas daging ketika dikonsumsi. Berbeda dengan rasa daging dari bebek hibrida yang menggunakan pakan campuran.

Bebek Hibrida di Sintesa Duck 77 "Bebek Hibrida di Sintesa Duck 77 "

Selain menjaga pemberian pakan, Hendi juga menerapkan kandang kering sehingga kesehatan bebek hibrida di peternakannya selalu terjamin. 

"Air minum juga sangat penting sehingga harus dijaga kebersihannya, di sini saya menerapkan sistem air mengalir. Mahkluk hidup membutuhkan air, termasuk bebek sehingga harus kebersihan air tersebut. Bicara tentang kebersihan, kandang kering menjadi solusi agar bebek terhindar dari virus atau kuman penyebab penyakit.

Menjaga air minum bagi Bebek Hibrida "Menjaga air minum bagi Bebek Hibrida "
 

Dengan menjaga kualitas pakan berupa pur tanpa campuran, memastikan kondisi kandang kering Dan kualitas air merupakan kunci bagi Hendi dalam meningkatkan hasil panen bebek hibrida. 

"Hasil panen sangat disesuaikan dengan permintaan konsumen, ada yang hanya membutuhkan waktu satu bulan hingga lebih. Pastinya kualitas bebek hibrida akan lebih terjamin."

Untuk saat ini, Hendi bersama Sintesa Duck 77 selalu berhasil memenuhi permintaan dari konsumen yang berasal dari Bandung hingga seluruh Jabodetabek. 

 

 

Related News