• 19 July 2024

52 Tahun, PT Petrokimia Gresik Pabrik Pupuk Terlengkap

uploads/news/2024/07/52-tahun-pt-pupuk-783891319fc76fc.jpeg

"Sektor pertanian tentu tidak lepas dari pupuk yang dapat membantu pertumbuhan tanaman. Dengan dukungan Riset Berteknologi, pupuk dapat dihasilkan oleh perusahaan, seperti PT Petrokimia Gresik yang telah berdiri sejak 52 tahun lalu."

Jagadtani - Tepat pada 10 Juli 2024, PT Petrokimia Gresik memasuki usia ke 52 setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, HM. Soeharto pada tahun 1972, yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik

Sejarah panjang telah terukir sebagai pabrik pupuk terlengkap di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya.

Seiring perjalanan waktu, sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), Petrokimia Gresik mulai bertransformasi menuju perusahaan Solusi Agroindustri untuk mendukung tercapainya program Ketahanan Pangan Nasional, dan kemajuan dunia pertanian.

Tentu tujuan tersebut sesuai dengan visi dan misi PT Petrokimia Gresik, yakni bervisi Menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya paling diminati konsumen.

Untuk Misi PT Petrokimia Gresik, yakni

1. Mendukung penyediaan pupuk nasional untuk tercapainya program swasembada pangan;

2. Meningkatkan hasil usaha untuk menunjang kelancaran kegiatan operasional dan pengembangan usaha Perusahaan;

3. Mengembangkan potensi usaha untuk mendukung industri kimia nasional dan berperan aktif dalam community development.

Dengan jumlah karyawan sebanyak 1.998 orang - per 30 April 2024, PT Petrokimia Gresik menempati area seluas 550 hektar di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Seluruh karyawan PT Petrokimia Gresik dapat memproduksi mencapai 8,9 juta ton/tahun, terdiri dari produk pupuk sebesar 5 (lima) juta ton/tahun, dan produk non pupuk sebanyak 3,9 juta ton/tahun.

Struktur Pemegang Saham PT Petrokimia Gresik adalah PT Pupuk Indonesia (Persero) yang memiliki 2.393.033 lembar saham atau senilai Rp2.393.033.000.000 (99,9975%) dan Yayasan Petrokimia Gresik yang memiliki 60 lembar saham atau senilai Rp60.000.000 (0,0025%).

PT Petrokimia Gresik dapat memproduksi pupuk dan non pupuk. Untuk pupuk yang dihasilkan terdiri dari 15 jenis yang menunjang pertumbuhan tanaman. 

Sedangkan untuk non pupuk, PT Petrokimia Gresik menghadirkan Petro Ponic, Petro-Cas, Kapur Pertanian Kebomas, Petro Gladiator, Petro Biofeed, Petro Chick, Petro Fish, hingga bahan kimia dan jasa. 

Khusus jasa yang disediakan PT Petrokimia Gresik meliputi Jasa Engineering, Jasa Keahlian, Jasa Diklat, Jasa Laboratorium dan Kalibrasi, Jasa Pelabuhan, Utilitas Air Demin dan sewa tanah maupun bangunan.

Dengan banyaknya produk maupun jasa yang disediakan, tentu tidak salah bila PT Petrokimia Gresik menjadi pabrik pupuk terlengkap di Indonesia. 

Selamat HUT PT Petrokimia Gresik dari kami tim Jagadtani, Salam Jagadtani.

Related News