• 18 July 2024

Sukses Budidaya Lidah Buaya Beromzet Puluhan Juta

"Tanaman Lidah Buaya lebih mudah perawatannya, berbeda dengan tanaman holtikultura lainnya sehingga membuat dirinya telah menekuni budidaya Aloe vera sejak 12 tahun lalu."

Jagadtani - Mengawali dengan bercocok tanam sayuran, ternyata setelah tidak sengaja melihat peluang bisnis lidah buaya, akhirnya memutuskan untuk mempelajari Aloe Vera yang masuk dalam keluarga tanaman Lily ini. 

"Dulu saya masih bekerja marketing yang berhubungan dengan tanaman sehingga sering melihat peluang bisnis dari budidaya Lidah Buaya, walau sempat menanam tanaman sayuran lainnya ternyata menanam lidah buaya lebih mudah dalam segi perawatannya." Ungkap Irwanto.

Irwanto sedang berada di tengah perkebunan lidah buaya miliknya "Irwanto sedang berada di tengah perkebunan lidah buaya miliknya "

Tahun 2012 merupakan awal dari Irwanto sebagai pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren untuk memantabkan diri sebagai petani Lidah Buaya dan kini telah memiliki Kebun seluas lebih dari 6.000 meter persegi di daerah Desa Kali Suren, Tajurhalang kabupaten Bogor.

Fokus yang dilakukan oleh Irwanto hanya menanam lidah buaya jenis Sinensis karena lebih memiliki pasar, dibandingkan jenis Barbadensis.

Irwanto dengan hasil panen lidah buaya yang akan dikirim ke konsumen"Irwanto dengan hasil panen lidah buaya yang akan dikirim ke konsumen"

Menurut Irwanto, jenis Sinensis lebih disukai oleh konsumen karena dari segi rasa. Walaupun demikian, dirinya tetap menanam lidah buaya jenis Barbadensis agar menjaga bila ada yang membutuhkan.

Saat tim Jagadtani menanyakan tentang hasil olahan lidah buaya yang siap dikonsumsi, Irwanto mengatakan dirinya pernah mencoba mengolah tetapi terbentur oleh keterbatasan waktu.

Memang pada awalnya, saya dibantu sang istri juga mengolah hasil panennya menjadi minuman siap saji. Namun karena harus fokus pada budidaya sehingga lebih memilih untuk langsung menjual hasil panen." 

Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren "Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren "

Bicara tentang hasil panen, kini Irwanto telah memiliki langganan tetap yang salah satunya merupakan supplier supermarket besar. 

Peluang budidaya Lidah Buaya masih sangat besar sehingga Irwanto mengajak Sahabat Tani untuk ikut menanam tanaman ini.

"Bagi Sahabat Tani yang tertarik untuk belajar hingga mendapatkan bibit lidah buaya unggulan, kami juga menyediakan berbagai ukuran dan tentunya siap membantu dalam bercocok tanam.' pungkas Irwanto.

Related News