• 8 September 2024

Budidaya Lidah Buaya Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

"Lidah Buaya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Permintaan konsumen yang tinggi membuat budidaya tanaman Lidah Buaya memiliki prospek bagus."

Jagadtani - Aloe Vera atau yang dikenal lidah buaya memiliki manfaat untuk tubuh dari bagian gel merupakan sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya dan bagian kedua yakni lateks yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Sebagai tumbuhan asal Jazirah Arab, Lidah Buaya tersebar cukup merata pada berbagai penjuru dunia beriklim sub tropis hingga tropis. Hal ini membuat perkembangan budidaya Lidah Buaya di Indonesia cukup mudah. 

Kemudahan dalam perawatan membuat Irwanto dari Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren, tertarik mengembangkan yang telah dilakoni selama 12 tahun. 

Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren "Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren "

"Perawatan lidah buaya sangat mudah dibandingkan tanaman sayur lainnya, terlebih permintaan konsumen cukup tinggi sehingga prospeknya masih bagus." Ungkap Irwanto pada tim Jagadtani.

Dengan harga jual dari petani berkisar Rp6.000 - Rp10.000 per kilogram dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani. Terlebih dengan mudahnya perawatan yang harus dilakukan sehingga nilai ekonomis lidah buaya sangat bagus.

"Perawatan lidah buaya tergolong sangat mudah, kita hanya perlu memperhatikan pertumbuhan gulma atau rumput. Sedang pemberian pupuk berupa kotoran hewan. Kemudahan tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani." 

Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren milik Irwanto "Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren milik Irwanto "

Dengan mengelola kebun seluas lebih dari 6.000 meter persegi di daerah Desa Kali Suren, Tajurhalang kabupaten Bogor, Irwanto berhasil mendapatkan omzet senilai puluhan juta setiap bukannya.

"Panen dapat dilakukan setiap bulan dengan mendapatkan dua pelepah atau daun Lidah Buaya. Di kebun saya, maksimal berat setiap pelepah mencapai 1,2 kilogram. Bobot tersebut telah memenuhi persyaratan untuk masuk ke supermarket." 

Budidaya Lidah Buaya memiliki prospek bagus"Budidaya Lidah Buaya memiliki prospek bagus"

Lebih lanjut, Irwanto mengatakan bahwa permintaan lidah buaya masih sangat tinggi sehingga terkadang dirinya merasa kewalahan dalam memenuhi permintaan tersebut. 

Untuk itu, Irwanto mengajak Sahabat Tani ikut mengembangkan budidaya Lidah Buaya. "Bagi yang membutuhkan bibit Lidah Buaya berkualitas, kami juga menyediakan dengan ukuran mulai dari 20cm. Saya juga siap membimbing agar berhasil dalam budidaya ini.' pungkas Irwanto.

Related News