• 8 September 2024

Sukses Bisnis Budidaya Ikan Discus Berharga Jutaan

"Modal nekat tanpa mengetahui tentang merawat ikan, namun ketekunannya mempelajari budidaya ikan Discus yang akhirnya membuahkan hasil besar. Padahal semua berawal dari ketertarikan pada dunia aquascape"

Jagadtani - Siapa yang menyangka, hanya butuh tiga tahun untuk dapat mencetak ikan - ikan Discus dengan kriteria unggulan. Bahkan dari hasil ternakan atau breeding sendiri, Maryanto mampu meraih juara pada kontes ikan discus. 

Maryanto yang menyandang status karyawan, kini telah memiliki usaha sampingan berupa budidaya ikan Discus. Mengusung nama Kharisma Discus, sebuah nama yang diambil dari nama gang kecil di daerah Mekarsari, Cimanggis - Depok.

Ikan discus di Kharisma Discus "Ikan discus di Kharisma Discus "

Mengawali dengan memelihara ikan discus jenis golden pada 2021, dan akhirnya berlanjut jenis lainnya. "Pada tahun 2021, mulai belajar merawat ikan Discus jenis Golden yang kemudian berlanjut pada jenis lainnya. Kunci utama yang saya terapkan dalam memilih indukan, yakni memastikan genetika agar menghasilkan anakan berkualitas." Ucap Maryanto pada tim Jagadtani.

Usaha yang dilakukan Maryanto tentu tidak serta merta langsung menghasilkan anakan ikan discus berkualitas. Berbagai kendala pernah dirasakan karena permasalahan air hingga pemberian pakan. 

Maryanto pemilik Kharisma Discus "Maryanto pemilik Kharisma Discus "

"Kondisi air hingga jenis pakan yang diberikan merupakan hal wajib dalam merawat ikan hias, termasuk ikan Discus. Berbagai metode pernah saya lakukan agar dapat menghasilkan ikan yang layak ikut kontes."

Metode perawatan ikan discus yang kini diterapkan Maryanto pada Kharisma Discus adalah sistem kuras air sebanyak 80 persen. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas air pada seluruh tank atau aquarium.

"Pemberian pakan dilakukan dua kali dalam satu hari dari hasil racikan hati sapi dan vitamin. Setelah pemberian pakan, air di dalam aquarium akan dikuras sebanyak 80 persen. Metode ini terbukti dengan menghasilkan anakan berkualitas dalam mengikuti kontes ikan discus." 

Kharisma Discus di daerah Cimanggis Depok"Kharisma Discus di daerah Cimanggis Depok"

Untuk air, Maryanto tidak menggunakan air yang langsung dari tanah. "Dulu air yang langsung dari tanah malah justru membuat ikan mudah stres. Metode aerasi sehingga kadar oksigen lebih tinggi."

Walau masih melakukan budidaya skala rumah, omzet yang dihasilkan Maryanto cukup menjanjikan. Untuk saat ini, Kharisma Discus menyediakan berbagai jenis ikan. Discus dengan banderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga tersebut sangat tergantung dari jenis dan karakternya.

 

 

 

Related News