• 8 September 2024

Manfaatkan Lahan Terbatas, Kharisma Discus Sediakan Bibit Unggulan

"Fokus pada breeding menggunakan indukan ikan berkualitas, kini makin memantabkan diri sebagai penyedia ikan Discus unggulan "

Jagadtani - Dengan mengandalkan area di lahan terbatas, Maryanto berhasil melakukan breeding ikan Discus dengan hasil ikan berkualitas. 

Maryanto yang mulai mengenal ikan discus sejak 2021, setelah tertarik pada dunia landscape. Jenis ikan Discus unggulan, merupakan pilihan utama agar menghasilkan anakan ikan discus yang layak mengikuti kontes ikan hias.

Namun perjalanan untuk menghasilkan anakan ikan Discus yang mumpuni, Maryanto harus mempelajari berbagai hal tentang merawat hingga menghasilkan. 

Ikan discus di Kharisma Discus "Ikan discus di Kharisma Discus "

"Perawatan menjadi kunci utama, termasuk pada pemberian jenis pakan hingga air untuk ikan Discus. Semua ilmu saya dapatkan dari berbagai pihak, termasuk para senior yang telah dulu menekuni budidaya ikan Discus." Ungkap Maryanto.

Setelah berhasil merawat ikan Discus, Maryanto harus memastikan bahwa anakan hasil breeding di Kharisma Discus berkualitas. Cara untuk memastikan kualitas ikan Discus miliknya, Maryanto mengikuti kontes hias skala besar. 

"Agar mendapatkan kualitas ikan yang sesuai dari penilaian juri, maka harus mengikuti lomba ikan hias. Untuk mendapatkan ikan yang berkualitas, maka harus menyiapkan sejak awal." Ucap Maryanto pada tim Jagadtani.

Membutuhkan waktu hingga satu tahun, ikan Discus dari hasil breeding berhasil membuktikan dengan menembus prestasi. 
Maryanto pemilik Kharisma Discus "Maryanto pemilik Kharisma Discus "

"Ikan Discus yang saya rawat sejak kecil telah menjadi bukti bahwa ikan ternakan telah berhasil menunjukan prestasi. Butuh perawatan yang ekstra, termasuk pada penggunaan aerasi agar kualitas air terjaga dan tentunya pemberian pakan yang diracik menggunakan vitamin khusus ikan Discus." Sambungnya.

Dengan keberhasilannya dalam breeding ikan Discus berkualitas, membuktikan lahan terbatas di dalam rumah dapat menghasilkan rupiah. 

Bahkan kini harga jual ikan Discus di Kharisma Discus telah menembus angka jutaan rupiah. "Ikan dari saya memiliki karakter yang sesuai dengan kriteria kontes. Namun perawatan juga wajib dilakukan agar berprestasi." Pungkasnya.

 

 

Related News