• 8 September 2024

Tingkatkan Produktivitas, Kementan Salurkan Benih Tebu Unggul

uploads/news/2024/07/tingkatkan-produktivitas-kementan-salurkan-6967072c4fdfe6c.jpg

Dalam meningkatkan produktivitas tanaman tebu, tentu harus didukung dengan bibit atau benih unggulan. Untuk mendapatkan hasil panen dari tanaman tebu, pihak Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan khususnya Balai Besar Proteksi dan Perbenihan Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya salurkan 50.400 kantung benih tebu Single Bud Planting (SBP) gratis kepada petani tebu di Kabupaten Mojokerto.

Plt. Kepala BBPPTP Surabaya, Andi Faisal mengungkapkan pihaknya turut mendukung penyediaan benih bermutu beberapa komoditas perkebunan melalui pembangunan nurseri. Nurseri yang menyediakan benih tebu hasil kultur jaringan adalah nurseri di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. “Adanya nurseri tebu ini diharapkan dapat memenuhi ketersediaan benih tebu unggul bermutu dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif lebih singkat,” tambahnya.

Menurut Andi Faisal, benih yang disalurkan adalah benih tebu. Benih tebu SBP ini memiliki keunggulan kemurnian tanaman yang tinggi, daya tumbuh seragam serta jumlah anakan yang dihasilkan lebih banyak dibanding sistem pembenihan konvensional.

Lebih lanjut Andi Faisal menjelaskan benih tebu gratis disalurkan ke tiga kelompok tani di Kabupaten Mojokerto, antara lain Kelompok Tani Sandang Pangan Desa Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko sebanyak 21.600 kantung; Kelompok Tani Mulyo Tani Desa Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko sebanyak 7.200 kantung; dan Kelompok Tani Margo Rukun Desa Mojodowo Kecamatan Kemlagi sebanyak 28.800 kantung.

“Kami harap benih tebu yang disalurkan ke petani dapat memberikan manfaat dan meningkatkan produktivitas tanaman tebu khususnya di Kabupaten Mojokerto,” harap Andi Faisal.

Related News